close

Basarnas: Seorang Bocah Tenggelam di Sungai Serayu

CILACAP, SERUJI.CO.ID – Seorang bocah berusia 10 tahun dilaporkan hilang akibat tenggelam di Sungai Serayu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, kata Koordinator Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Pos SAR Cilacap Mulwahyono.

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari TRC BPBD (Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Banjarnegara, korban diketahui bernama Triyanto bin Hadiono, warga Dukuh Purbayasa RT 02 RW 10, Desa Pucang, Kecamatan Bawang, Banjarnegara,” katanya di Cilacap, Jumat (6/4) pagi.

Ia mengatakan peristiwa nahas itu terjadi saat korban beserta empat rekannya bermain dan berenang di Sungai Serayu yang masuk wilayah Desa Bandingan, Kecamatan Bawang, pada hari Kamis (5/4), sekitar pukul 15.30 WIB.

Tidak lama kemudian, dua rekan korban bermain di tepi sungai sambil makan ketela.


Sementara korban beserta dua rekan lainnya yang diketahui bernama Satrio (10) dan Febri (10) tetap berenang di sungai.

Oleh karena asyik berenang ke tengah sungai, Triyanto dan Satrio diduga kelelahan hingga akhirnya tenggelam.

Febri yang mengetahui kejadian itu segera berusaha menolong, namun dia juga nyaris turut tenggelam karena dipegangi oleh Triyanto dan Satrio.

Febri akhir berhasil melepaskan diri dan menepi, sedangkan Satrio berhasil diselamatkan oleh seorang nelayan yang belum diketahui identitasnya.

Sementara Triyanto tidak bisa diselamatkan dan hingga Kamis (5/4) malam belum ditemukan.

Terkait dengan informasi tersebut, Mulwahyono mengatakan pihaknya pada Jumat (6/4) pagi telah memberangkatkan satu regu Basarnas beserta peralatan pertolongan di air (water rescue) menuju Sungai Serayu, Banjarnegara, untuk menggelar operasi pencarian korban bersama potensi SAR lainnya.

“Pada Kamis (5/4) malam, kami juga memberangkatkan satu regu Basarnas beserta peralatan ‘water rescue’ menuju Desa Kutaliman, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, untuk menggelar operasi pencarian terhadap seorang pemancing yang hanyut akibat banjir di Sungai Banjaran,” katanya.

Seperti diwartakan, seorang pemancing yang diketahui bernama Dulwahid (34), warga Desa Kalikesur RT 05 RW 03, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, hilang akibat terseret arus Sungai Banjaran yang sedang banjir pada hari Kamis (5/4), sekitar pukul 16.30 WIB.

Sebelum kejadian, Dulwahid bersama Kiswan (30), warga Grumbul Babakan Lor RT 03 RW 07, Desa Kutaliman, Kecamatan Kedungbanteng, memancing di Sungai Banjaran yang masuk wilayah Grumbul Babakan Lor.

Oleh karena hujan gerimis, Kiswan segera naik ke atas sungai untuk berteduh, sedangkan Dulwahid masih berada di aliran sungai untuk mengambil ikan hasil tangkapan.

Akan tetapi tiba-tiba terjadi banjir di aliran sungai tersebut dan langsung menyeret tubuh Dulwahid.

Kiswan yang mengetahui kejadian itu berusaha mengejar untuk menolong Dulwahid.

Oleh karena situasi dan kondisi tidak memungkinkan, Kiswan segera menginformasikan kejadian itu kepada warga sekitar yang ditindaklanjuti dengan laporan ke Pemerintah Desa Kutaliman dan diteruskan ke BPBD Banyumas. (Ant/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER