Basarnas Kerahkan Puluhan Personel di Kawasan Wisata Pantai Selatan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Tim pencarian dan penyelamatan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Daerah Istimewa Yogyakarta menempatkan puluhan personel rescuer di sejumlah pantai yang menjadi tujuan wisata masyarakat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) DIY Supriono di Yogyakarta, Senin (18/6), mengatakan personel rescuer disebar di kawasan pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Bantul, dan Kulon Progo karena menjadi tujuan utama wisatawan selama libur Lebaran 2018, khususnya Kabupaten Gunung Kidul yang memiliki keindahan seperti di Bali.

“Penempatan personel rescuer dalam rangka siaga pengamanan di tempat-tempat rekreasi di pantai selatan,” kata Supriono.

Ia mengatakan total personel SAR yang disiagakan dan turun lapangan pada masa libur lebaran tahun ini sebanyak 50 personel. Selain tempat rekreasi, personil juga masih berjaga-jaga di Posko Pengamanan Lebaran bersama anggota TNI, Polri, Dinas Perhubungan serta instansi terkait lainya.

“Dengan luasnya wilayah kerja kami yang meliputi lima kabupaten/kota, sebenarnya personel kami masih kurang. Yang ada ini kami optimalkan dan mereka wajib siaga setiap saat ketika dibutuhkan,” ucap Supriono.

Untuk itu, lanjut Supriono, pantai menjadi fokus siaga dan pengamanan. Hal ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat yang sedang menikmati masa liburan.

Adapun penempatan personel resscuer ditempatkan di Pantai Parangtritis dan Parangkusumo (Bantul). Selanjutnya, di Kulon Progo disiagakan satu unit Rigit Inflatable Boat (RIB) ukuran sembilan meter beserta beberapa personel rescuer di Pos Unit Siaga Basarnas di Jogoboyo yang selalu mobile di Pantai Glagah, dan Pantai Congot.

Selanjutnya, di Gunung Kidul, Basarnas DIY juga sudah punya unit siaga dengan personel dan peralatan yang selalu mobile ke lantai yg menjadi tujuan wisata di wilayah itu.

“Sejauh ini belum ada kejadian menonjol. Cuaca di wilayah DIY dan sekitarnya terpantau cukup bersahabat,” katanya.

Meskipun demikian, Supriono berharap masyarakat tetap berhati-hati dalam mengisi waktu liburan. Masyarakat harus waspada dalam kondisi apa pun.

“Kami juga imbau masyarakat segera memberi informasi kepada personil kami di lapangan jika ada kejadian,” imbaunya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.