Banjarnegara Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

0
54
Badai tropis
Siklon tropis Cempaka itu kini membentuk suatu kumpulan siklon baru yang dinamakan siklon Dahlia, waspadai bencana Hidrometeorologi. (Foto: Istimewa)

BANJARNEGARA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus berupaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di wilayah setempat.

“Kesiapsiagaan pihak terkait terus ditingkatkan dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rahman di Banjarnegara, Rabu (20/12).

Dia menjelaskan, pemerintah kabupaten telah menggelar rapat koordinasi terkait antisipasi bencana.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh seluruh satuan kerja perangkat daerah terkait dan juga forum komunikasi pimpinan daerah.

“Melalui rapat koordinasi, pemerintah kabupaten ingin memastikan kesiapan sejumlah pihak dan memastikan upaya mitigasi bencana, termasuk menjelang Natal dan tahun baru,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, katanya, juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan mewaspadaan dalam menghadapi kemungkinan cuaca ekstrem.

“Kami kembali mengingatkan masyarakat, agar meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi curah hujan yang ekstrem dan potensi angin kencang yang mungkin terjadi,” katanya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah yang berlaku mulai tanggal 18 – 20 Desember 2017.

Dalam peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, disebutkan ada badai tropis KAI-TAK di perairan Timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum 35 knot.

Selain itu, sirkulasi siklonik di perairan Selatan Jawa Timur mengakibatkan area belokan angin dan pertemuan angin (konvergensi) di wilayah Jawa Tengah yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu, aliran masa udara basah dari Barat menyebabkan kondisi udara di sekitar Jawa Tengah menjadi sangat tidak stabil (labil). (Ant/Su03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Wapres Minta Menag Revisi 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk merevisi daftar pendakwah yang direkomendasikan karena sebelumnya dikeluarkan Kemenag hanya...

Banyuwangi Masuk Kota Cerdas ASEAN

BANYUWANGI, SERUJI.CO.ID - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bersama dengan Jakarta dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masuk dalam jaringan Kota Cerdas ASEAN atau ASEAN Smart...

Korban Tewas Jatuhnya Pesawat di Kuba Jadi 111 Orang

HAVANA, SERUJI.CO.ID - Jumlah korban tewas pada salah satu bencana udara terburuk di Kuba meningkat menjadi 111 pada Senin (21/5), sementara Meksiko menangguhkan kegiatan...
ekonomi syariah

MUI Dukung 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin mendukung langkah Kementerian Agama yang merilis daftar nama mubaligh karena sifatnya untuk pencegahan terhadap...
Siswa SMA/MAN

Jawa Timur Jalin Kerja Sama Pendidikan dengan Korsel

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Timur menjajaki kerja sama pendidikan dengan Korea Selatan setelah ada pertemuan kepala sekolah SMA/SMK se-Surabaya dengan sebuah konsultan...