Angkasa Pura: Waspadai Penipuan Rekrutmen Proyek Bandara

0
192

KULON PROGO – PT. Angkasa Pura I mengimbau masyarakat mewaspadai penipuan yang menawarkan lowongan pekerjaan pada proyek pembangunan bandar udara internasional di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, baik melalui email maupun pesan berantai WhatsApp.

“AP I telah mengimbau kepada masyarakat bahwa hal tersebut merupakan informasi hoax,” ucap Sujiastono, Manajer Proyek, di Kulon Progo, Sabtu (13/5).

Informasi tersebut beredar melalui e-mail dan whatsapp, dan berbunyi antara lain ##ayooo yg punya anak, saudara, adik, tetangga suruh pd nglamar bandara jogja yg baru.

Juga ada informasi dibuka lowongan kerja PT Angkasa Pura Airports Kulon Progo, perusahaan pengelola bandar udara untuk karyawan dan karyawati untuk mengisi posisi Aviation Security Officer, Fly Security, Fire Fighting Officer, Apron Movement, Controller/Avia Bridge, dan Air Traffic Controller.

Modusnya, pelaku menginformasikan adanya lowongan pekerjaan dengan mencantumkan alamat e-mail gratis (gmail atau yahoo) seperti rekrutmen.angkasapura1@gmail.com, angkasapura1jogja@gmail.com, recrutment.angkasapura1@gmail.com, www.angkasapura1@gmail.com, infoangkasapura1@yahoo.com sebagai alamat pengiriman lamaran.

Selanjutnya, pelaku akan menghubungi calon pelamar, yang menginformasikan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes. Alamat lokasi tes yang dipakai juga palsu, sedangkan tesnya tidak akan pernah diadakan.

Di email tersebut juga disebutkan bahwa calon pelamar harus melakukan reservasi tiket pesawat/hotel kepada biro travel (fiktif). Dari sinilah penipu tersebut mengeruk keuntungan, yaitu dari uang yang ditransfer oleh calon pelamar untuk memesan tiket pesawat/hotel.

Modus penipuan baru lainnya muncul yang juga mengatasnamakan proyek pembangunan Angkasa Pura 1. Kali ini, oknum tidak bertanggung jawab tersebut menggunakan modus Perjanjian Kerja Sama (PKS) Palsu terkait penyediaan jasa konsumsi atau catering bagi para karyawan AP I.

PT. Fathuri Jaya Abadi yang mengaku sebagai koordinator konsumsi menggunakan PKS tersebut untuk menggaet beberapa usaha catering di daerah Wates, Kulon Progo.

“Perlu kami sampaikan kembali bahwa hingga saat ini, kami (proyek pembangunan) maupun AP I belum membuka lowongan apapun terkait kebutuhan tenaga kerja, jasa catering, dan jasa-jasa lainnya di ruang lingkup bandara baru serta belum melakukan bentuk kerja sama apapun dengan pihak kedua ataupun ketiga,” kata Sujiastono.

Informasi terkait pembukaan lowongan pekerjaan oleh pihak Angkasa Pura hanya disampaikan melalui website resmi AP I yaitu ap1.co.id baru kemudian didistribusikan secara serentak melalui 13 website dan media sosial yang digunakan oleh seluruh bandara cabang AP I.

PT Angkasa Pura I (Persero) akan melaporkan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan perusahaan. Masyarakat dimohon agar selalu waspada, dan melakukan konfirmasi mengenai informasi rekrutmen melalui Contact Center Bandara 172 di nomor telepon 172 atau nomor telepon kantor Proyek Pembangunan Bandar Udara Internasional Yogyakarta 0274-489227.

 

EDITOR: Iwan Y

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...