Alokasi Dana Desa Pemkab Gunung Kidul Capai RP117 Miliar

0
118
  • 2
    Shares
dana desa

GUNUNG KIDUL, SERUJI.CO.ID –┬áPemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2018 mendapat alokasi dana desa sebesar Rp117 miliar.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat DP3AKBPMD Gunung Kidul Subiyantoro di Gunung Kidul, Sabtu (3/2), mengatakan alokasi dana desa Rp117 miliar akan dibagikan ke 144 desa di Gunung Kidul.

“Alokasi dana desa 2018 mengalami penurunan dibanding 2017 sebesar Rp132 miliar,” kata Subiyantoro.

Ia mengatakan penurunan alokasi dana desa disebabkan adanya Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 226/PMK.07/2017 tentang Perubahan Rincian Dana Desa Menurut Daerah Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2018.

Selain itu, mekanisme pencairan dana desa juga ikut berubah dari sebelumnya sebanyak dua kali pencairan.

“Saat ini menjadi tiga kali pencairan dengan skema 20 persen pada pencairan pertama, dan masing-masing 40 persen pada pencairan kedua dan ketiga,” katanya.

Tahap I pencairan sebesar 20 persen, disalurkan paling cepat pada Januari dan paling lambat minggu ketiga Juni. Untuk tahap II sebesar 40 persen, disalurkan paling cepat Maret dan paling lambat minggu keempat Juni dan tahap III sebesar 40 persen, disalurkan paling cepat Juli.

“Selain dampak tersebut, tidak ada perubahan lainnya yang menonjol akibat pemberlakuan Permenkeu tersebut,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, perubahan ini dilakukan untuk mengakomodir perintah dari Presiden Jokowi yang akan memfokuskan alokasi dana desa untuk menciptakan lapangan kerja padat karya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU