Aktivitas Pelelangan Ikan di Pekalongan Sepi

PEKALONGAN, SERUJI.CO.ID – Aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, pada awal Ramadhan 1439 Hijriah sepi karena para nelayan memilih beristirahat dan menghormati umat Islam menjalankan ibadah puasa.

Kepala TPI Kota Pekalongan Sugiyo di Pekalongan, Kamis (17/5), mengatakan bahwa pada hari ini (Kamis, red) tidak ada satu pun nelayan yang membongkar hasil tangkapan ikan maupun yang berangkat melaut karena mereka memilih beristirahat.

“Sepinya aktivitas lelang ikan TPI tidak sampai mempengaruhi ketersediaan ikan karena nelayan hanya beristirahat satu hari saja, yaitu pada awal Ramadhan. Aktivitas lelang ikan kami perkirakan ramai lagi pada hari besok (Jumat, red.),” katanya.

Ia mengatakan secara umum produksi lelang ikan nelayan di TPI masih sangat baik dengan dibuktikan banyak kapal jenis purse saine maupun mini purse saine yang membongkar hasil tangkapannya di pelabuhan TPI setempat.

Pada Rabu (16/5), kata dia, jumlah kapal nelayan yang melelangkan hasil tangkapan ikan sebanyak 4 kapal dengan produksi ikan mencapai sekitar 10 ton ikan.

“Adapun, jenis ikan yang dilelangkan di TPI antara lain banyar, tengiri, jui, dorang, cumi, kakap kecil, dan tongkol,” katanya.

Ia mengatakan meski produksi ikan yang dilelang di TPI relatif cukup melimpah tetapi harga ikan masih tetap bertahan tinggi.

Harga ikan tongkol, kata dia, semula hanya Rp19 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp22 ribu/ kilogram, banyar Rp20 ribu/ kilogram, tengiri Rp55 ribu/ kilogram, dorang Rp35 ribu/kg, cumi kecil Rp25 ribu/ kilogram, cumi sedang Rp45 ribu/ kilogram, pihi Rp35 ribu/ kilogra, kakap kecil Rp30 ribu/ kilogram, dan jui Rp4 ribu/ kilogram.

“Dengan tetap membaiknya hasil tangkapan ikan oleh para nelayan, kami optimistis target pendapatan asli daerah dari sektor perikanan akan terlampaui,” katanya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER