Aktivitas Pelelangan Ikan di Pekalongan Sepi

0
34
Nelayan
Nelayan

PEKALONGAN, SERUJI.CO.ID – Aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, pada awal Ramadhan 1439 Hijriah sepi karena para nelayan memilih beristirahat dan menghormati umat Islam menjalankan ibadah puasa.

Kepala TPI Kota Pekalongan Sugiyo di Pekalongan, Kamis (17/5), mengatakan bahwa pada hari ini (Kamis, red) tidak ada satu pun nelayan yang membongkar hasil tangkapan ikan maupun yang berangkat melaut karena mereka memilih beristirahat.

“Sepinya aktivitas lelang ikan TPI tidak sampai mempengaruhi ketersediaan ikan karena nelayan hanya beristirahat satu hari saja, yaitu pada awal Ramadhan. Aktivitas lelang ikan kami perkirakan ramai lagi pada hari besok (Jumat, red.),” katanya.

Ia mengatakan secara umum produksi lelang ikan nelayan di TPI masih sangat baik dengan dibuktikan banyak kapal jenis purse saine maupun mini purse saine yang membongkar hasil tangkapannya di pelabuhan TPI setempat.

Pada Rabu (16/5), kata dia, jumlah kapal nelayan yang melelangkan hasil tangkapan ikan sebanyak 4 kapal dengan produksi ikan mencapai sekitar 10 ton ikan.

“Adapun, jenis ikan yang dilelangkan di TPI antara lain banyar, tengiri, jui, dorang, cumi, kakap kecil, dan tongkol,” katanya.

Ia mengatakan meski produksi ikan yang dilelang di TPI relatif cukup melimpah tetapi harga ikan masih tetap bertahan tinggi.

Harga ikan tongkol, kata dia, semula hanya Rp19 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp22 ribu/ kilogram, banyar Rp20 ribu/ kilogram, tengiri Rp55 ribu/ kilogram, dorang Rp35 ribu/kg, cumi kecil Rp25 ribu/ kilogram, cumi sedang Rp45 ribu/ kilogram, pihi Rp35 ribu/ kilogra, kakap kecil Rp30 ribu/ kilogram, dan jui Rp4 ribu/ kilogram.

“Dengan tetap membaiknya hasil tangkapan ikan oleh para nelayan, kami optimistis target pendapatan asli daerah dari sektor perikanan akan terlampaui,” katanya. (Ant/Su02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU