145 Bidan PTT Diangkat Menjadi PNS di Kabupaten Wonogiri

WONOGIRI – Senin, 13 Maret 2017 di depan Gedung Graha Personalia BKD Wonogiri tampak keceriaan menghiasi rona wajah 145 bidan PTT (Pegawai Tidak Tetap) yang diangkat menjadi PNS di wilayah Kabupaten Wonogiri. Mereka melakukan pemberkasan dalam rangka usulan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP). Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 7 tahun 2013 yang dimaksud dengan bidan PTT adalah bidan yang bukan pegawai negeri, diangkat oleh pejabat yang berwenang pada fasilitas pelayanan kesehatan, untuk selama masa penugasan.

Seminggu sebelumnya bidan PTT yang akan diangkat jadi PNS tersebut sudah mendapat pengarahan di pendopo rumah dinas bupati sekaligus melakukan registrasi ulang dalam rangka penetapan nota persetujuan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 07 tentang penetapan kebutuhan PNS dari program PTT Kementerian Kesehatan di lingkungan pemerintah provinsi/kabupaten/kota tahun 2017 maka Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri mengangkat 145 Bidan PTT menjadi PNS.

Pada bulan Juni tahun 2016, Kabupaten Wonogiri mengirimkan 161 bidan PTT untuk melakukan tes seleksi penerimaan CPNS dari jalur PTT dengan metode CAT (Computer Assisted Test). Namun yang lolos seleksi hanya 145 bidan, sementara 16 bidan tidak lolos seleksi dikarenakan usianya per Juni 2016 sudah lebih dari 35 tahun.

“Sejak bulan juni 2016 saya dag dig dug menunggu pengumuman pengangkatan bidan PTT menjadi PNS,” kata salah satu bidan PTT yang lolos seleksi, bidan Hanani kepada SERUJI. Tetapi beliau menyayangkan temannya sesama Bidan PTT yang tidak lolos seleksi hanya karena umurnya diatas 35 tahun.

“Iya kasihan, padahal masa kerjanya sama dengan mbak Hanani tapi hanya karena umurnya diatas 35 tahun membuat beliau tidak diangkat jadi PNS,” timpal bidan Tri Maryani, seorang peserta bidan PTT yang diangkat jadi PNS juga.

Mereka bercerita bahwa pengangkatan bidan PTT menjadi PNS sudah lama diperjuangkan oleh organisai IBI (Ikatan Bidan Indonesia), bahkan beberapa tahun yang lalu merekapun ikut demo ke Jakarta demi mewujudkan cita-citanya. Perjuangan mereka berbuah manis walau masih ada ganjalan karena rekan bidan PTT yang usianya diatas 35 tahun tidak bisa menikmati keceriaan seperti yang mereka rasakan. Dan IBI sekarang sedang melanjutkan perjuangan agar bidan PTT yang umurnya diatas 35 tahun bisa diangkat jadi
PNS. (dr. Endang Sulistyowati)

EDITOR: Iwan Y

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

The SOMAD Power

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER