Warga Bekasi Antusias Saksikan Peresmian Tol Becakayu

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Warga Kota Bekasi, Jawa Barat, menyambut antusias peresmian Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu oleh Presiden Jokowi, Jumat (3/11) pagi, sebagai solusi kemacetan yang terjadi di ruas Jalan KH Noer Alie Kalimalang dan sekitarnya.

“Selama ini warga selalu terjebak kemacetan parah di Kalimalang. Ada banyak titik kemacetan yang saya rasa bisa teratasi dengan operasional Tol Becakayu ini,” kata Ketua RW 09 Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Selatan, Parlin Simajuntak di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, titik kemacetan tersebut di antaranya Simpang Galaxy, Sumber Artha, Simpang Kranji, Simpang Caman, dan Simpang pangkalan Jati Pondokgede.

Meski operasional Tol Becakayu belum seluruhnya dioperasionalkan, kata dia, namun infrastruktur itu diyakininya mampu mengentaskan macet di sejumlah titik rawan pada jam sibuk.

“Walau belum dioperasionalkan secara keseluruhan, tapi Alhamdulillah sebagiannya sudah bisa kita gunakan hari ini dan akses baru ini sudah sangat membantu kami dalam bertransportasi yang nyaman,” katanya.

Dikatakan Parlin, Simpang Galaxy yang kini ada di lingkungannya saat ini menjadi titik kemacetan terparah sebelum adanya Tol Becakayu.

Sebab, pascaoperasional jalan Boulevard Galaxy sebagai jalur alternatif menuju Kalimalang dari arah Jatiasih dan sekitarnya, kendaraan menumpuk di sekitar jembatan Galaxy dan simpang Galaxy Jalan KH Noer Alie.

“Memang persoalannya adalah penyempitan badan jalan di sekitar jembatan tol, tapi sekarang sedang dilebarkan oleh Pemkot Bekasi. Yang terpenting sekarang, pada bagian hulunya di Jalan KH Noer Alie sudah ada Tol Becakayu, sehingga beban kendaraan bisa terbagi ke Jalan Sisi Selatan Kalimalang,” katanya.

Sementara itu, ribuan warga Bekasi nampak berkumpul di sekitar panggung Syukuran Pengoperasian Jalan Tol Becakayu Seksi 1B dan 1C Cipinang-Jakasampurna untuk menyaksikan langsung kehadiran Presiden Jokowi meresmikan infrastruktur tol tersebut.

Presiden datang bersama rombongan sekitar pukul 07.55 WIB di sekitar panggung utama, namun tidak sempat turun dari kendaraannya dan melanjutkan perjalanan menuju Tol Becakayu untuk pengguntingan pita.

Jokowi hanya nampak membuka kaca kendaraan sambil melambaikan tangan kepada ribuan warga yang berkerumun menantinya sejak pagi hari.

Sementara itu, koridor Tol Becakayu yang diresmikan terdiri atas dua ruas yakni 1B yang menghubungkan Cipinang Melayu-Pangkalan Jati dan 1C Pangkalan Jati-Jaka Sampurna dengan total panjang 8,4 kilometer.

Proyek Becakayu dengan panjang total 23,8 kilometer dari Jakarta Timur sampai Kota Bekasi masih menyisakan pengerjaan seksi 1A Casablanca-Cipinang Melayu dan seksi 2 dari Jatisampurna sampai Bekasi Timur sepanjang 9,2 kilometer.

Sisa proyek tersebut ditargetkan rampung pada Maret 2018. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER