Wali Kota Sukabumi: Berita Hoax Hambat Pembangunan Masyarakat

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID – Wali Kota Sukabimi M Muraz mengatakan dampak dari beredarnya berita-berita hoax atau palsu ternyata bisa menghambat pembangunan baik di daerah maupun pusat.

“Hoax identik dengan fitnah yang isi konten beritanya tidak rasional dan meresahkan. Akibatnya bisa mengganggu pembangunan di masyarakat,” katanya di Sukabumi, Jumat (16/3).

Menurut dia, berita hoax tersebut selain bisa menghambat pembangunan insfrastruktur, juga mengakibat pembangunan jiwa dan mental masyarakat pun ikut terganggu akibat keresahan yang ditimbulkan oleh berita hoax tersebut.

Maka dari itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar dalam menerima informasi, isu maupun berita di media sosial agar lebih bijak menerimanya dan tidak mudah terprovokasi serta terlebih dahulu mengklarifikasi dan mengorek kebenarannya.

Dampak dari berita hoax cukup besar, bahkan Kota Sukabumi pun pernah menjadi korbannya. Namun, Pemkot Sukabumi berterima kasih kepada jajaran Polres Sukabumi Kota dengan cepat tanggap melakukan pencegahan bahkan penangkapan kepada pelaku penyebar berita hoax di media sosial.

“Media sosial merupakan tempat untuk bersilaturahmi bukan dijadikan ajang tempat untuk menebar fitnah seperti menyebarkan isu, berita maupun informasi hoax sebab bisa meresahkan berbagai elemen masyarakat bahkan terjadi perpecahan,” tambah Muraz.

Sementara, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan pihaknya terus memantau segala aktivitas warga internet (warganet) di media sosial yang tujuannya untuk memberikan pengertian kepada nitizen agar tidak mudah terprovokasi apalagi sampai ikut-ikutan menyebarkan berita hoax.

Selain itu, pihaknya juga tidak segan bertindak tegas kepada warganet yang menyebarkan fitnah, ujaran kebencian dan berita hoax di media sosial atau dalam bentuk apapun di dunia maya.

“Bukti ketegasan kami yakni melakukan penangkapan kepada warganet asal Sukabumi yang telah menyebarkan fitnah dan ujaran kebencian di media sosial,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy