Tingkatkan Minat Baca, Pemkot Tasikmalaya Bangun Destinasi Wisata Membaca


BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Tasikmalaya, berencana membangun destinasi wisata membaca di sekitar taman kota, Tasikmalaya, Jawa Barat, sebagai upaya meningkatkan minat dan kesadaran masyarakat tentang manfaat dari banyak membaca buku.

“Kami berharap ada pembangunan fasilitas untuk membaca yang lokasinya di kawasan taman kota,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya, Oslan Khaerul Falah kepada wartawan di Tasikmalaya, Rabu (28/2).

Ia menuturkan, daerah yang telah berhasil membangun perpustakaan menjadi destinasi wisata yaitu Kabupaten Purwakarta.

Menurut dia, perpustakaan di Purwakarta mampu membangun budaya literasi, bahkan menjadi tempat rekreasi yang memiliki nilai ekonomi.

“Selain membuka budaya literasi bisa menjadi nilai tambah ekonomi karena bisa dijadikan tempat rekreasi,” katanya.

Ia berharap, Kota Tasikmalaya dapat membangun wahana membaca yang nyaman dan aman sehingga menjadi tempat rekreasi masyarakat di kawasan perkotaan.

“Di sana (taman kota) bisa dijadikan destinasi rekreasi warga nantinya, apalagi dilengkapi akses internet,” katanya.

Ia menambahkan, Perpustakaan Kota Tasikmalaya sedang berupaya meningkatkan minat baca melalui mobil perpustakaan keliling.

Mobil perpustakaan keliling yang membawa berbagai jenis buku itu, kata dia, merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional untuk fasilitas pelayanan dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

“Dengan adanya mobil perpustakaan ini kami siap jemput bola memberikan pelayanan bagi warga yang gemar membaca,” katanya.

Sebelumnya Perpustakaan Kota Tasikmalaya mendapatkan bantuan fasilitas Pojok Baca dari Kantor Bank Indonesia Tasikmalaya.

Rencananya Perpustakaan Kota Tasikmalaya akan mendapatkan bantuan sepeda motor perpustakaan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close