Tenaga Kerja Ilegal Asal China Marak di Cianjur, Wabub Akan Tindak Tegas

25
2048
WNA China dan Taiwan yang ditangkap di Surabaya karena melakukan penipuan online. (foto:istimewa)

CIANJUR, SERUJI.CO.ID – Wakil Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman, mendapat banyak laporan terkait maraknya Tenaga Kerja Asing (TKA) asal negara China di wilayah tersebut, sehingga pihaknya mendorong pemeriksaan dilakukan ke sejumlah perusahaan.

Dia menjelaskan, penindakan tidak sampai berhenti hanya sekali, namun harus berkelanjutan agar memberikan efek jera dan pembelajaran pada perusahaan agar tidak mempekerjakan TKA yang tidak memiliki dokumen resmi.

“Harapan kami dengan aksi tim gabungan Pora beberapa hari lalu, menjadi pertimbangan perusahaan yang ada di Cianjur, untuk mempekerjakan TKA tanpa dokumen. Saya banyak mendapat laporan terkait maraknya pekerja asing di Cianjur,” katanya di Cianjur, Rabu (30/11).

Dalam waktu dekat, tutur dia, pihaknya akan memanggil semua pihak, baik imigrasi, Disnakertrans dan perusahaan yang terdata mempekerjakan TKA, untuk mengantisipasi keberadaan TKA ilegal di Cianjur.

“Keberadaan TKA ilegal harus diungkap agar semua sesuai dengan aturan. Kami akan tindak tegas perusahaan yang mempekerjakan TKA ilegal sesuai aturan,” katanya.

Seperti diberitakan Tim Pora yang terdiri dari Imigrasi, TNI/Polri, dinas terkait di Pemkab Cianjur, mengamankan lima orang TKA ilegal asal China dari perusahaan tambang di Kecamatan Cikalong Kulon, Selasa (28/11).

Kelima WNA tersebut tidak memiliki dokumen resmi untuk bekerja, bahkan dua orang diantaranya tidak bisa menunjukan parport. Tertangkapnya kelima orang tersebut berdasarkan hasil penyelidikan atas banyaknya informasi yang masuk terkait keberadaan TKA ilegal di Cianjur.

Saat hendak ditangkap TKA tersebut sempat melarikan diri, namun atas kesigapan tim dibantu warga sekitar, lima orang warga asing itu berhasil diamankan dan selanjutnya dibawa ke Kantor Imigrasi Sukabumi, untuk ditindaklanjuti. (Ant/SU01))

loading...

25 KOMENTAR

  1. Iya, ini permainan Int’l..yg disebut Asilum. Datang ke Indo via Laut,. Koordinator ya bangsa kita juga alias Pribumi,. Kerjasama dgn tekong2 China. Setelah di Indo dibuatkanlah KTP, KK dan Pasport,..
    Lalu diberangkatkan ke negara yg gaji lebih besar,. Jepang, Australia, Amerika,.. Dan tetap menetap di Indo juga gpo kok..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Kampanye di Kota Banjar, Ridwan Kamil Blusukan ke Pasar

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Tanpa didampingi Calon Wakil Gubernur Uu Ruzanul Ulum, Ridwan Kamil, Calon Gubernur Jawa Barat, blusukan ke pasar Banjar, Jawa Barat,...

Tips Makan Sehat Puasa

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - "Puasalah agar kamu sehat", demikian salah satu hadis Rasulullah berkaitan dengan manfaat puasa bagi yang...

DPR Anggap Polisi Lakukan Pelecehan Karena Jadikan Alquran Sebagai Bukti Terorisme

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menganggap kepolisian telah melakukan pelecehan pada ummat Islam karena tindakan menjadikan Alquran sebagai barang...

Pertamina TBBM Sei Siak kembali Resmikan Program CSR untuk Masyarakat Tanjung RHU dan Pesisir

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - PT Pertamina (Persero) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sungai Siak meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat di kelurahan...

Tebarkan Semangat Kebaikan, Bahagia Bersama Yatim PKPU HI Mulai Bergulir

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Di hari kedua Ramadhan PKPU Human initiative Kaltim menyalurkan program Bahagia Bersama Yatim berupa paket bingkisan, Sebar Al-Quran dan Buka Puasa...