Tanah Longsor di Sukabumi Rendam Tiga Hektar Sawah

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID – Bencana banjir bandang dan longsor melanda wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Nyalindung sehingga menyebabkan rumah dan sawah terendam.

“Bencana banjir bandang terjadi di Kampung Ciurug, RT 02/10, sedangkan longsor terjadi di Kampung Ciseupan, RT 03/09, Desa Wangunreja,” kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman, di Sukabumi, Rabu (7/3).

Kedua bencana tersebut dipicu karena hujan deras yang turun sepanjang hari sejak Selasa (6/3) yang menyebabkan sungai yang berada di sekitar permukiman dan sawah warga meluap.

Walaupun tidak ada korban jiwa, empat rumah terdampak bencana ini, sekitar tiga hektar lahan pertanian terendam banjir dan saluran air irigasi jebol karena tertimbun longsor.

Menurutnya, saat ini banjir sudah mulai surut, tetapi lahan pertanian yang terdampak banjir tersebut mengalami kerusakan. Hingga saat ini relawan BPBD Kecamatan Nyalindung dibantu relawan lainnya masih berada di lokasi bencana.

“Bantuan sudah mulai kami salurkan untuk warga yang terdampak bencana tersebut. Namun untuk kerusakan sawah atau lahan pertanian, kami masih berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi,” katanya lagi.

Eka mengatakan dalam sepakan terakhir ini intensitas hujan deras cukup tinggi. Pantauan pihaknya hujan turun mulai dari siang hingga malam, bahkan beberapa hari terakhir hujan pun turun sejak pagi hari.

Pihaknya mengimbau kepada warga untuk waspada karena potensi terjadi bencana, seperti longsor, pergerakan tanah, banjir dan puting beliung cukup tinggi. Apalagi mayoritas kecamatan di Kabupaten Sukabumi merupakan daerah rawan bencana.

“Seluruh relawan harus bersiaga penuh, jika terjadi bencana untuk segera ditanggulangi agar dapat meminimalkan dampak baik kerugian nyawa maupun harta,” katanya lagi. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER