Sopir Angkot Garut Mogok Beroperasi Protes Transportasi Online

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Sopir angkutan kota (angkot) akan mogok beroperasi selama berunjuk rasa yang digelar di kawasan perkotaan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (5/2) sebagai bentuk protes kepada pemerintah yang tidak tegas menertibkan jasa transportasi berbasis online di Garut.

“Diperkirakan ada 3.200 sopir, pengusaha dan pengurus Organda akan menggelar aksi hari Senin,” kata Sekretaris DPC Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Garut, Yudi Nurcahyadi kepada wartawan di Garut, Ahad (4/2).

Ia menuturkan, rencana mogok massal angkot di Garut itu sudah diberitahukan kepada kepolisian juga instansi terkait di Kabupaten Garut.

Aksi itu, kata dia, karena masih beredarnya jasa transportasi umum berbasis online yang selama ini telah merugikan angkutan umum konvensional.

“Aksi yang akan kami lakukan ini sebagai bentuk kekecewaan kepada pemerintah yang diam saja,” kata Yudi.

Ia mengungkapkan, transportasi online berupa roda dua maupun empat sudah cukup banyak beroperasi di Garut terutama kawasan perkotaan.

Ia mendesak pemerintah daerah untuk mengeluarkan peraturan tentang pelarangan operasi angkutan berbasis online itu.

“Kami menuntut untuk dikeluarkannya Peraturan Bupati tentang pelarangan adanya angkutan online di Garut,” katanya.

Jika mengacu pada surat edaran Pemkab Garut, kata Yudi, transportasi online itu harus memenuhi persyaratan seperti Uji KIR dan bersertifikat.

“Angkutan online itu harus memenuhi persyaratan seperti penetapan tarif, dan memiliki surat-surat lengkap,” katanya.

Sementara itu, aksi para sopir angkot akan digelar di Simpang Lima, Kerkof dan berkumpul di Alun-alun Garut untuk melakukan musyawarah dengan pejabat pemerintah terkait. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER