Setelah 130 Hari Cuti, Ridwan Kamil Kembali Jabat Wali Kota Bandung

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Ridwan Kamil kembali menjabat sebagai Wali Kota Bandung setelah sebelumnya sempat cuti untuk ikut dalam kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Ridwan Kamil secara resmi akan kembali menempati posisi Wali Kota pada Ahad (24/1). Sementara Muhammad Solihin yang ditunjuk sebagai pejabat sementara Wali Kota Bandung kembali ke jabatan semula sebagai Kepala Inspektorat Pemprov Jabar.

Acara serah terima jabatan yang digelar di rumah dinas Wali Kota Bandung, Pendopo, pada Sabtu (23/6) malam, berjalan sederhana. Tak ada perayaan mewah hanya jamuan makan malam yang diiringi penampilan musik.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil menyampaikan terima kasihnya karena dalam 130 hari ia cuti, Solihin mampu mengemban amanah sebagai Wali Kota Bandung untuk sementara.

“Penjabat sementara, luar biasa. 130 hari luar biasa itu berita-berita miring sedikit lah, jadi artinya sistem pemerintahan pelayanan publik kemasyarakatan terkendali itu adalah prestasi,” ujar pria yang akrab disapa Emil itu.

Emil mengaku, awalnya ia khawatir apa yang telah ia rancang tidak sesuai dengan program kerjanya apabila di bawah komando Solihin. Namun kekhawatiran Emil tak terbukti.

Saat menjabat sebagai Pjs, Solihin mampu membawa tujuh penghargaan ke Kota Bandung. Salah satu penghargaan yang berhasil diraih seperti, Universal Health Coverage dari Kemendagri.

“Kemudian juga Alhamdulillah dari laporan selama Pak Solihin menjabat, mendapat tujuh penghargaan kepada Kota Bandung. Jadi kualitas prestasi yang selalu Bandung perlihatkan,” kata dia.

Menurut dia, setelah kembali menjadi Wali Kota, Emil akan langsung bekerja dan melakukan peninjauan terhadap sektor-sektor yang sempat ia tinggalkan. Selain itu, ia juga tidak akan berbicara politik terutama mengenai keikutsertaanya dalam kontestasi Pilgub Jabar.

“Dan tentunya saya mulai bertugas pukul 24.00 WIB. Rencana garuda saya, pasang lagi didalamnya terikat etika aturan terikat, saya ga boleh ngomong politik lagi setelah jam 12 malam,” kata dia.

Sementara itu, Muhammad Solihin, mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait terutama kepada organisasi perangkat daerah (OPD), karena selama 130 hari ia bertugas, mampu berkoordinasi dengan baik dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat Kota Bandung.

“Alhamdulillah semua perangkat daerah bisa menjalankan tugas yang sudah dibuat sehingga semua berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kota Bandung,” kata dia.

Menyinggung pekerjaannya sebagai Pjs Wali Kota, ia mengaku sangat dimudahkan terlebih perencanaan program yang telah disusun Ridwan Kamil dan Oded M. Danial telah berjalan sesuai skema.

“Sehingga saya melaksanakan tugas selama 130 hari itu sangat dimudahkan dengan apa yang sudah dilaksanakan oleh beliau-beliau ini,” tukasnya. (Ant/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER