Salahi Aturan Penjualan, Dua Toko Obat di Bekasi Ditutup

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat, menutup paksa operasional dua toko obat di wilayah hukum setempat karena terbukti menjual obat penenang jenis Triheksifenidil dan Excimer secara bebas tanpa disertai resep dokter.

“Toko obat yang kita cabut izin operasionalnya pada akhir September 2017 itu berada di Kecamatan Bekasi Selatan dan Pondokgede,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Kusnanto di Bekasi, Senin (9/10).

Dia mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan kesaksian sejumlah warga setempat yang menyaksikan transaksi pembelian obat-obatan tersebut oleh sekelompok remaja yang diduga tanpa resep dokter.

Aparatur Dinas Kesehatan beserta kepolisian setempat, kemudian bergegas ke lokasi untuk mengecek kabar itu ke lokasi.

Aparat hukum telah memastikan adanya penjualan obat tersebut secara bebas.

“Secara administrasi, mereka memiliki izin tapi menyalahi aturan yang ada. Kami langsung tutup toko itu,” katanya.

Menurut Kusnanto, dua obat tersebut bila digunakan dengan dosis tepat memang tidak berbahaya, namun ketiadaan resep dokter akan berefek pada prilaku menyimpang.

“Kalau penggunaannya berlebihan atau over dosis bisa mengakibatkan kematian, karena efeknya mirip dengan narkoba,” katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menambahkan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan aparat setempat untuk menindak tegas adanya dugaan peredaran narkoba berkedok obat di wilayahnya.

Tanti meminta pada masyarakat untuk melapor apabila ditemukan hal-hal yang mencurigakan di wilayah tempat tinggal mereka.

“Kalau ada aduan kami langsung bertindak,” kata dia.

Tanti mengaku, saat ini Dinkes Kota Bekasi hanya memiliki delapan orang petugas pengawas apotek, klinik dan toko obat. Jumlah tersebut belum sesuai untuk mengawasi ribuan toko obat, apotik dan klinik yang ada.

“Jumlah kita terbatas, makanya kami mengharap bantuan dari masyarakat,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo dan Ratu Adil

Orang-orang besar selalu hidup dengan gagasan besar. Dalam melihat kebesaran Prabowo, tentu saja kita bisa mengamati beberapa pikiran, sikap dan langkahnya beberapa waktu terakhir ini. Diantaranya adalah pertama, Anti Impor.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER