Presiden Resmikan Tol Soroja Dengan Pantun Sunda

0
78
Tol Soroja
Tol Soreang-Pasir Koja (Tol Soroja) di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

SOREANG, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi berbahasa Sunda saat meresmikan Tol Soreang-Pasir Koja (Tol Soroja) di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (4/12).

“Ka Soreang Ngagaleuh laja, uihna ka Pasir Koja, geuning ayeuna aya tol Soroja. Dina rasa anu bahagia,” kata Presiden saat meresmikan Tol Soroja.

Terjemahan bebasnya adalah, “Ke Soreang membeli lengkuas, pulangnya ke Pasir Koja. Ternyata sekarang ada Tol Soroja. Jadi rasanya bahagia.” Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengutip lagu “Bandung Selatan Dilupakan Jangan” yakni lagu Ismail Marzuki.

“Bandung Selatan punya potensi besar. Ada hunian, industri, wisata, sarana olahraga terbesar dan pusat pemerintahan,” katanya.

Presiden mengungkapkan dengan dibukanya Tol Soroja sepanjang 10 km ini akses menuju Soreang yang biasanya 1,5 jam sekarang bisa dipangkas menjadi 12 menit.

Jokowi berharap dengan adanya Tol Soroja ini, Bandung Selatan, terutama Kabupaten Bandung, agar bersiap untuk mengalami percepatan di berbagai bidang.

“Jangan lupa, bersiap juga dengan kartu e-tol karena semua pintu sudah sisten elektronik,” katanya.

Presiden menyebut adanya tol ini akan membuat calon atlit dan penggemar sepak bola akan menghemat biaya untuk menuju ke pusat sarana olahraga Jalak Harupat.

Presiden juga menyebut Tol Soroja ini akan memudahkan wisatawan menuju ke tempat wisata kebun teh di Rancabali, Malabar, Pangalengan.

“Ada Danau Indah Situ Patenggang, Cileunci, Cimanggu, Ciwalini, Kawah Putih. Rumah peninggalan Boscha sampai rumah tempat syuting Pengabdi Setan ada di Bandung Selatan,” ujar Presiden.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan Tol Soroja ini dilakukan studi awal pada 1996 dan awal 2000 diusulkan Pemprov Jawa Barat dijadikan tol.

“Lelang tahun 2015 dan selesai 2017. Tol ini menghubungkan Kabupaten Bandung dengan daerah sekitar, terutama mendukung daerah selatan yang tertinggal dengan sisi utara,” katanya.

Herry mengatakan pembangunan Tol Soroja ini merupakan kerja sama pemerintah dan badan usaha, dimana sahamnya 65 persen dimiliki PT CMNP, 25 persen PT Wijaya Karya dan 10 persen Jasa Sarana.

“Proyek ini didanai syairah oleh tujuh bank pemerintah,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sudirman Said - Ida Fauziah

Sudirman: Jika Tangkap Teroris Cepat, Tentu Polisi Juga Bisa Cepat Tangkap Akun Penyebar Fitnah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor urut dua, Sudirman Said berencana akan melaporkan pihak-pihak yang memfitnah dirinya dan calon Wakil Gubernur...
Ida Fauziyah

Ida Fauziyah: Fitnah Dilakukan Secara Sistematis dan Terencana Lewat Sosial Media

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah menilai fitnah melalui media sosial terhadap dirinya dan calon Gubernur Sudirman Said dilakukan secara sistematis...
Sudirman Said - Ida Fauziah

Sudirman Ungkap Keterlibatan Petinggi Partai Pengusung Ganjar Terkait Video Fitnah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said menyebut adanya oknum petinggi partai pengusung petahana yang diduga berada di belakang beredarnya video fitnah di...

Trump Pisahkan Anak dan Orangtua, Menlu Meksiko: Tindakan Tidak Manusiawi

MEKSIKO, SERUJI.CO.ID -  Menteri Luar Negeri Meksiko pada Selasa (19/6) menyebut pemisahan anak-anak dari orang tua pendatang di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko kejam dan tidak manusiawi...
Nu dukung Khofifah

Awasi Pencoblosan, Khofifah Tegaskan Akan Maksimalkan Tim Saksi

BLITAR, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan akan memaksimalkan tim saksi, mengawasi pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2018, yang akan...