Polisi Selidiki Meroketnya Harga Daging Ayam

0
25
Pedagang daging ayam
Pedagang daging ayam (ilustrasi)

CIANJUR, SERUJI.CO.ID – Polres Cianjur, Jawa Barat, menerjunkan Satuan Tugas Pangan untuk menyelidiki penyebab terus melambungnya harga daging ayam potong di pasaran yang menyebabkan aksi mogok berjualan.

Kapolres Cianjur AKBP, Soliyah di Cianjur, Ahad (14/1), mengatakan, telah memerintahkan jajarannya untuk menindak tegas setiap orang yang terlibat sehingga menyebabkan harga daging ayam potong di pasaran terus merangkak naik.

“Kalau terbukti ada permainan dan pelanggaran yang menyebabkan harga daging ayam potong di pasaran naik, kami perintahkan ditindak tegas,” katanya.

Pihaknya juga menekankan Pemkab Cianjur, untuk terjun langsung ke tingkat peternak agar mengetahui penyebab pasti mahalnya harga daging ayam yang menyebabkan ribuan pedagang melakukan aksi mogok.

“Kami bertanggung jawab dalam menjaga stabilitas harga pangan di Cianjur. Sehingga dengan koordinasi yang terus dilakukan secara maksimal dengan pemkab dan asosiasi, diharapkan Senin, harga daging ayam kembali normal,” katanya.

Pihaknya berharap aksi mogok yang dilakukan pedagang daging ayam potong tidak berlangsung lama sehingga tidak menimbulkan keresahan di tingkat warga atau konsumen.

“Dinas perdagangan harus segera mengambil langkah strategis, sehingga masalah ini teratasi. Kami mendukung, setiap upaya perbaikan dan stabilisasi harga daging ayam di Cianjur,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Cianjur, Himam Haris, mengatakan, terus melambungnya harga daging ayam potong di pasaran diduga karena ulah broker yang sudah didatangi pihaknya bersama tim.

“Selama enam tahun menjadi kadis, tahun ini, perkembangan daging ayam merupakan terparah dari tahun sebelumnya. Kami sudah menyelidiki dan ini permainan di tingkat broker. Kalau tidak ada juga penurunan kami akan serahkan ke pihak berwajib,” katanya.

Pemkab Cianjur, ungkap dia, akan mengundang seluruh pengusaha ternak ayam dan broker, untuk mengklarifikasi masalah yang terjadi, agar harga kembali normal dan pedagang kembali berjualan.

“Cianjur merupakan wilayah terbesar ke 2 produsen ayam setelah Ciamis. Kebutuhan ayam di Cianjur setiap bulannya mencapai 500 ton dengan asumsi untuk 400.000 Kepala Keluarga,” katanya.

Sementara Ketua Asosiasi Pedagang Daging Domba Ayam dan Sapi (Apddas) Cianjur, Yayuk Sri Rahayu, menjelaskan, kondisi mahalnya harga daging ayam potong di pasaran sudah tidak dapat ditolerir.

“Harus ada pemangkasan birokrasi yang berbelit dalam rantai distribusi daging ayam potong. Kenaikan harga daging ayam pernah terjadi tahun 2016 dan saat ini kejadian terulang lagi. Ini dinilai yang terparah karena permainan broker,” katanya. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

sandiaga Uno

Wagub DKI Beri Ruang Polda Periksa Kasatpol PP

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan ruang kepada pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya bila akan meminta keterangan Kepala Satuan Polisi...

Manchester City Pastikan ke Final Piala Liga

BRISTOL, SERUJI.CO.ID - Manchester City mencapai final Piala Liga, menghancurkan harapan-harapan tim divisi kedua Bristol City untuk menorehkan kejutan, ketika tim pemuncak klasemen Liga Inggris...

Aaron Lennon Pindah ke Burnley

LONDON, SERUJI.CO.ID - Pemain sayap Inggris Aaron Lennon melengkapi kepindahannya ke Burnley dari Everton dengan biaya transfer yang tidak diumumkan pada Selasa (23/1), menjadi rekrutan...

Mascherano Akan Tinggalkan Barcelona

MADRID, SERUJI.CO.ID - Gelandang Barcelona Javier Mascherano akan meninggalkan klub itu setelah tujuh setengah tahun berkiprah di Nou Camp, kata sang pemuncak klasemen Liga Spanyol...

Kumpulkan Infaq Rp 622 Juta, ASN Bone Bolango Catat Rekor MURI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) mencatat rekor infak dari aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sebesar Rp622 juta...
loading...
KH. Luthfi Bashori

Kerinduan Hati Orang Beriman

Aljaar qablal daar (mencari tetangga sebelum mencari rumah) Ungkapan tersebut di atas sangatlah dalam maknanya. Jika disesuaikan dengan permasalahan kemasyarakatan maka dapat memberi pemahaman, bila...
ilustrasi orang marah (Foto: Istimewa)

Suka Marah-Marah? Waspada Gangguan Psikologis Akut

Apakah kita suka marah-marah? Mudah marah? Gampang tersulut emosi? Gampang meledak-ledak? Cobalah untuk cek, apakah emosi yang kita miliki tergolong normal dan wajar? Ataukah kita...

Abu Dzar al Ghifari, Kemilau di Antara Sarang Penyamun

Abu Dzar al Ghifari merupakan salah satu sahabat yang pertama memeluk islam yang disebut “assabiqunal awwalun”. Dia berasal dari bani Ghifar, sebuah suku yang...