PKPU HI Kirim Tim Bantuan ke Lokasi Bencana Longsor Cisolok

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID – Tim Disaster Risk Management PKPU Human Initiative (HI) Jawa Barat diterjunkan untuk membantu evakuasi korban longsor di Kampung Cimapag, Dusun Garehong, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (2/1). Tim PKPU HI membantu proses evakuasi dan membantu para penyintas dari bencana longsor.

Kepala Cabang PKPU HI Jawa Barat Kiki Rejeki mengatakan, pengiriman tim relawan untuk membantu proses evakuasi, assesmnet wilayah, dan pemberian distribusi bantuan mendesak.

“Evakuasi di sana masih terus dilakukan. Karena terkendala cuaca dan faktor lainnya jadi menghambat evakuasi. Kami berharap dengan pengiriman tim ini akan mempermudah pencarian korban. Kami menerjunkan tim terlatih yang dibekali dengan perlengkapan yang memadai,” jelas Kiki, Kamis (3/1).

Dijelaskan oleh Kiki, kebutuhan mendesak seperti makanan siap saji, pampers, pembalut wanita, alat kebersihan, pakaian layak pakai, dan kebutuhan lainnya pun didistribusikan.

Baca juga: PKPU HI Kirim Tim Bantu Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda

“Kami juga akan mendirikan pos dapur air guna membantu warga mengurangi kelelahannya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kiki, tim juga akan melaksanakan assessment wilayah terdampak guna menganalisis, seperti apa kebutuhan yang paling diperlukan warga. Tidak hanya pada masa tanggap darurat tetapi juga untuk recovery atau pemulihan.

Data yang ada hingga Rabu (2/1) pukul 18.30 WIB, tercatat 32 KK (sedikitnys 101 jiwa) terdampak longsor. Dengan rincian 15 orang meninggal dunia, 3 orang luka-luka, 63 orang di pengungsian dan 20 orang belum ditemukan.

Seperti diketahui, longsor disebabkan hujan deras selama beberapa jam, terjadi di Kampung Cimapag, yang terletak di bawah bukit terjal dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Selasa (31/12).

Tim SAR gabungan dan relawan serta masyarakat mengupayakan evakuasi korban yang tertimbun material longsor. PKPU HI pun terus berkordinasi dengan BPBD Sukabumi guna melaksanakan proses penanganan bencana yang semakin efektif.

Baca juga: PKPU HI Distribusikan Bantuan ke Desa Cugung Lampung Selatan

Setelah evakuasi sempat terhenti pada Selasa, akibat hujan yang terus turun. Evakuasi korban tertimbun longsor dilanjutkan kembali. Tim SAR terus melakukan pencarian korban longsor.

Saat melakukan evakuasi sempat terjadi 4 kali longsoran susulan walaupun dengan skala kecil. Lokasi yang terpencil dan akses yang terbatas, menyulitkan bantuan untuk dapat masuk. Untuk mencapai lokasi hanya bisa dilakukan dengan menggunakan sepeda motor. (PKPU HI/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close