PKPU HI Kirim Tim Bantuan ke Lokasi Bencana Longsor Cisolok

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID – Tim Disaster Risk Management PKPU Human Initiative (HI) Jawa Barat diterjunkan untuk membantu evakuasi korban longsor di Kampung Cimapag, Dusun Garehong, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (2/1). Tim PKPU HI membantu proses evakuasi dan membantu para penyintas dari bencana longsor.

Kepala Cabang PKPU HI Jawa Barat Kiki Rejeki mengatakan, pengiriman tim relawan untuk membantu proses evakuasi, assesmnet wilayah, dan pemberian distribusi bantuan mendesak.

“Evakuasi di sana masih terus dilakukan. Karena terkendala cuaca dan faktor lainnya jadi menghambat evakuasi. Kami berharap dengan pengiriman tim ini akan mempermudah pencarian korban. Kami menerjunkan tim terlatih yang dibekali dengan perlengkapan yang memadai,” jelas Kiki, Kamis (3/1).

Dijelaskan oleh Kiki, kebutuhan mendesak seperti makanan siap saji, pampers, pembalut wanita, alat kebersihan, pakaian layak pakai, dan kebutuhan lainnya pun didistribusikan.

Baca juga: PKPU HI Kirim Tim Bantu Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda

“Kami juga akan mendirikan pos dapur air guna membantu warga mengurangi kelelahannya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kiki, tim juga akan melaksanakan assessment wilayah terdampak guna menganalisis, seperti apa kebutuhan yang paling diperlukan warga. Tidak hanya pada masa tanggap darurat tetapi juga untuk recovery atau pemulihan.

Data yang ada hingga Rabu (2/1) pukul 18.30 WIB, tercatat 32 KK (sedikitnys 101 jiwa) terdampak longsor. Dengan rincian 15 orang meninggal dunia, 3 orang luka-luka, 63 orang di pengungsian dan 20 orang belum ditemukan.

Seperti diketahui, longsor disebabkan hujan deras selama beberapa jam, terjadi di Kampung Cimapag, yang terletak di bawah bukit terjal dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Selasa (31/12).

Tim SAR gabungan dan relawan serta masyarakat mengupayakan evakuasi korban yang tertimbun material longsor. PKPU HI pun terus berkordinasi dengan BPBD Sukabumi guna melaksanakan proses penanganan bencana yang semakin efektif.

Baca juga: PKPU HI Distribusikan Bantuan ke Desa Cugung Lampung Selatan

Setelah evakuasi sempat terhenti pada Selasa, akibat hujan yang terus turun. Evakuasi korban tertimbun longsor dilanjutkan kembali. Tim SAR terus melakukan pencarian korban longsor.

Saat melakukan evakuasi sempat terjadi 4 kali longsoran susulan walaupun dengan skala kecil. Lokasi yang terpencil dan akses yang terbatas, menyulitkan bantuan untuk dapat masuk. Untuk mencapai lokasi hanya bisa dilakukan dengan menggunakan sepeda motor. (PKPU HI/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER