Pemudik di Terminal Cicaheum Diprediksi Turun

0
16
bus
Angkutan mudik. (ilustrasi)

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung, Roni Hermanto, memprediksi akan terjadi penurunan jumlah pemudik pada Idul Fitri 1479 Hijriah yang melalui terminal tersebut.

“Kami memprediksi akan terjadi penurunan hingga lima persen dibanding tahun sebelumnya atau 2017,” ujar Roni, Rabu (30/5).

Roni menjelaskan, setiap tahunnya jumlah pemudik yang melalui Terminal Cicaheum terus mengalami penurunan. Pada tahun 2017 dari H-7 hingga H+7 tercatat sekitar 40.500 orang telah diberangkatkan ke berbagai wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Pada tahun lalu itu turun sekitar 18 persen dibanding tahun 2016 yang mencapai sekitar 53.000 pemudik diperiode yang sama,” katanya.

Kata dia, penurunan tersebut disebabkan beberapa faktor seperti mulainya beralih ke kereta api, semakin banyaknya menggunakan kendaraan pribadi khususnya roda dua, serta program dari pemerintah maupun swasta yang menyediakan program mudik gratis.

“Tapi yang paling kentara banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi,” kata dia.

Untuk kedatangan pemudik, ia memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-3 hingga H-2 Lebaran meski libur lebaran kali ini lebih panjang dari tahun sebelumnya.

“Prediksi ini berdasarkan evaluasi tahun lalu. Tapi Sabtu atau Minggu sepertinya bakal terjadi pergerakan pemudik,” katanya.

Sebelumnya, Terminal Cicaheum Kota Bandung menyiapkan 191 armada bus yang akan melayani penumpang pada arus mudik Idul Fitri 1479 Hijriah.

191 armada bus tersebut terdiri atas 108 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), 83 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Selain itu, 30 bus bantuan disiapkan jika sewaktu-waktu terjadi penumpukan penumpang. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Deddy Mizwar

Sempat Menolak, Deddy Mizwar Dipastikan Hadir di Debat Publik Ketiga

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar (Demiz) dipastikan hadir setelah sempat menolak menghadiri Debat Publik Ketiga Jawa Barat...

Kunjungi Anak-Anak Imigran, Melania Trump Justru Tuai Kecaman

TEXAS, SERUJI.CO.ID -  Kunjungan Ibu Negara Melania Trump pada Kamis (21/6) ke penampungan anak-anak pendatang, yang terpisah dari orangtua mereka di Texas, dibayangi jaketnya, yang...

Tinggalkan Everton, Ramiro Mori Gabung Villarreal

MADRID, SERUJI.CO.ID - Klub liga Spanyol Villarreal rekrut bek Ramiro Funes Mori dari Everton lewat kontrak empat tahun, demikian dikatakan klub asal Spanyol itu. Bek asal...

Sempat Dibatalkan, Akhirnya Laga Persebaya vs Persija Akan Digelar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Operator Liga 1 2018 PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan lanjutan laga kandang yang tertunda Persija Jakarta menghadapi Persebaya Surabaya dan Persib...

KPK Perpanjang Penahanan Bupati Purbalingga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan tersangka Bupati Purbalingga dalam tindak pidana korupsi suap terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten...