Pemkab Sukabumi Garap Empat Potensi Alam Jadi Destinasi Wisata

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID – Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sedang berupaya menggarap empat lokasi potensi alam sebagai sektor tujuan wisata daerah.

“Sektor wisata alam ini sudah mulai kita garap sejak 2016. Hingga kini sudah rampung 35 persen,” kata Kades Citarik Moch Ledi Nurlaidi di Pelabuhan Ratu, Ahad (8/4) pagi.

Keempat potensi alam itu di antaranya Situ Kubang seluas luas 3.000 meter persegi, Curug Dulang dengan tujuh air terjun, Bukit Manunggal seluas 25 hektare dan Goa Repagan yang menjadi situs peninggalan sejarah leluhur desa setempat.

Situ Kubang merupakan kolam retensi yang selama ini berfungsi sebagai kolam penampungan air bagi kebutuhan rumah tangga warga setempat karena Desa Citarik yang berdomisili di kawasan perbukitan mengalami kesulitan air tanah.

Sekitar 3 kilometer dari Situ Kubang, terdapat potensi alam Curug Dulang yang memiliki tujuh air terjun yang berasal dari Gunung Jayanti di kawasan itu.

“Kalau Curug Dulang sudah sampai pada tahapan pembuatan akses jalan, tapi bentuknya masih jalan setapak, belum beton. Jalan itu juga tembus ke Bukit Manunggal,” katanya.

Bukit Manunggal di Kampung Tegalega Pasir merupakan area perbukitan yang berfungsi sebagai menara pandang ke arah pesisir laut Pelabuhan Ratu.

“Kita bisa lihat penampakan laut dari Bukit Manunggal ini karena lokasinya yang tinggi,” katanya.

Potensi wisata berikutnya yang tengah digarap berupa Goa Repagan yang menyimpan sejarah leluhur warga setempat berikut nuansa kebudayaan warga setempat.

“Banyak cerita leluhur kita yang berasal dari Goa Repagan yang jaraknya dekat dari Bukit Manunggal. Goa itu dibuat warga kami untuk persinggahan tentara Belanda zaman perang. Goa Repagan ini merupakan area bebatuan yang menarik untuk difoto dan dinikmati nuansa alamnya karena ada di perbukitan,” katanya.

Upaya merealisasikan keempat objek wisata itu hingga kini baru 35 persen melalui dana swadaya desa dan pengerahan tenaga masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah tahun 2018 ini kami mendapatkan alokasi Program Dana Desa Padat Karya Tunai sebesar total Rp771 juta. Sebagiannya akan kita serap untuk kebutuhan realisasi ekowisata di kampung kami,” katanya.

Ledi memproyeksikan, pihaknya masih membutuhkan tambahan biaya total Rp1 miliar untuk merealisasikan seluruh sarana dan prasarana pendukung kawasan wisata.

“Kira-kira Rp1 miliar lagi cukup untuk menyelesaikan kegiatan ini,” ujarnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Al Ghazali dan Dendam Anak-Anak Revolusi

Di masa Orde Baru adalah anak-anak yang bapak/ibunya dibunuh atau dipenjarakan Suharto. Di masa ini mereka adalah anak-anak yang bapaknya dipenjarakan Jokowi karena berbeda pandangan politik.

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER