Pemkab Cianjur Siagakan Alat Berat Antisipasi Bencanaa

0
47
Alat berat atasi penyebab banjir
Ilustrasi - alat berat atasi sumbatan penyebab banjir

CIANJUR, SERUJI.CO.ID – Pemkab Cianjur, Jawa Barat, menempatkan alat berat di tiga wilayah yang dinilai rawan terjadi bencana alam yaitu di utara, tengah, dan selatan.

“Bahkan upaya antisipasi telah dilakukan sejak akhir tahun hingga tahun depan, meskipun tahun ini intensitas dan dampaknya mulai menurun,” kata Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Kamis (14/12).

Rencana antisipasi di tahun 2018 di antaranya menyiapkan peralatan teknis yang dibutuhkan dalam penanggulangan bencana seperti alat berat.

“Kami sudah siapkan di tiga wilayah,” imbuhnya.

Dia menuturkan dari hasil pemetaan, hampir seluruh wilayah di Cianjur yang memiliki 32 kecamatan tergolong rawan bencana, terutama di wilayah selatan yang berpotensi terjadi pergerakan tanah, longsor, dan banjir.

“Secara teknis, Pemkab Cianjur sudah menginstruksikan seluruh perangkat daerah yang berkaitan dengan infrastruktur harus tetap siaga dan waspada menyikapi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat,” katanya.

Bahkan BPBD, Dinas PUPR dan pemukiman diintruksikan khusus untuk selalu siaga melakukan penanggulangan dengan berkoordinasi lintas sektoral.

“Untuk penanganan diperlukan kerjasama agar secepatnya dilakukan, meskipun kita berharap tidak ada bencana,” kata Herman.

Meskipun bencana alam tidak dapat diprediksi, Herman berharap tahun 2018 bencana alam di Cianjur tidak terlalu banyak terjadi meski upaya kewaspadaan dan antisipasi tetap dilakukan agar penanganannya lebih cepat dan sigap.

“Hasil pendataan dan laporan, tahun ini angkanya turun dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun menurun, kewaspadaan warga harus tetap ditingkatkan dan menghindari terjadi korban jiwa ketika bencana terjadi,” pungkasnya. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Gara-Gara Ayam, Keponakan Tega Bunuh Pamannya Sendiri

GARUT, SERUJI.CO.ID - Polisi menangkap seorang tersangka yang membunuh pamannya sendiri di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ahad (20/5) siang, yang dipicu masalah menanyakan...

Jangan Takut Gemuk Makan Setelah Sholat Tarawih

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Masyarakat tidak perlu takut gemuk lantaran makan di waktu malam setelah sholat tarawih karena asupan tersebut untuk mengganti energi yang terbuang...

Anwar Ibrahim Sebut Habibie Tokoh Reformasi Pemberani

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan mantan Presiden Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan tokoh reformasi pemberani yang...

Hutan Taman Nasional Baluran Terbakar

SITUBONDO, SERUJI.CO.ID - Hutan Kawasan Taman Nasional Baluran Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Ahad (20/5) malam terbakar, dugaan sementara ada pihak yang sengaja membakar. "Sampai saat ini...
bahan pokok

Stok Bahan Pokok Sulut Aman Hingga Lebaran

MANADO, SERUJI.CO.ID - Persediaan bahan kebutuhan pokok di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) aman hingga lebaran, kata Gubernur setempat Olly Dondokambey, di Manado, Senin (21/5). "Tim...