Pemerintah Buka Lahan Produksi Garam untuk Swasembada 2021

CIREBON, SERUJI.CO.ID – Pemerintah membuka lahan produksi garam baru di wilayah timur Indonesia agar bisa swasembada garam pada 2021, kata Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Agung Kuswandono.

“Sejumlah wilayah sudah dibuat perluasan lahan baru produksi garam seperti di NTT, Kupang, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Ende, Malaka dan wilayah lainnya,” kata Agung di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (20/3).

Agung mengatakan pembukaan lahan produksi garam baru itu adalah upaya Pemerintah supaya Indonesia bisa swasembada garam pada tahun 2021.

Saat ini, ada sekitar 10 ribu hekatare lahan baru yang dibuka di wilayah timur Indonesia, karena iklim di wilayah tersebut sangat mendukung untuk menjadi wilayah produksi garam.

“Sedangkan wilayah selain di wilayah Timur Indonesia, masih sering diguyur hujan, kalau sering hujan, kualitasnya kurang baik,” ujarnya.

Dengan adanya pembukaan lahan produksi baru, ujar Agung, Pemerintah menargetkan lahan tersebut bisa menghasilkan 100 ribu hingga 120 ribu ton garam perhektar pertahun.

Agung menambahkan Pemerintah juga menargetkan tambahan lahan produksi garam baru hingga mencapai 40 ribu hektar.

“Selain swasembada garam, pemerintah juga menargetkan bisa melakukan ekspor garam pada tahun 2021,” katanya.

Selain ditargetkan bisa ikut mendukung kebutuhan garam nasional, hasil garam yang diproduksi di wilayah timur Indonesia juga ditargetkan kualitasnya sesuai dengan standar kebutuhan industri.

Untuk bisa merealisasikan hal ini, pemerintah bukan hanya menggandeng perusahaan BUMN saja, melainkan sejumlah perusahaan swasta juga terlibat. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER