Pagi Ini, Jokowi Resmikan Pengoperasian Sebagian Tol Becakayu

0
26
Proyek jalan tol becakayu
Foto aerial jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). (Foto: Istimewa)

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi, Jumat (3/11) pagi, meresmikan pengoperasian sebagian Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Ia mengatakan pengoperasian Tol Becakayu akan mempermudah akses warga Bekasi dan sekitarnya ke Jakarta dan sebaliknya.

“Ini akan dilanjutkan ke Bekasi dan Tambun sehingga akses dari Bekasi ke Jakarta akan semakin mudah,” kata Jokowi usai meresmikan pengoperasian Tol Becakayu seksi 1b dan 1c sepanjang 8,26 km di Bekasi Barat Kota Bekasi, Jawa Barat.

Jokowi menyebutkan mulai Sabtu (4/11), Jalan Tol Becakayu akan resmi beroperasi.

“Proyek Jalan Tol Becakayu ini sudah berhenti selama 21 tahun karena Surat Perintah Kerja ini sudah diberikan sejak tahun 1996,” katanya.

Ia menyebutkan proyek jalan tol itu dikerjakan lagi sejak awal tahun 2015.

“Ini sekarang selesai dan nanti akan diteruskan lagi ke Bekasi dan Tambun sehingga akses dari Bekasi ke Jakarta akan semakin mudah,” katanya.

Ketika ditanya bagaimana agar proyek seksi lain agar tidak mangkrak, Jokowi mengatakan jalan tol Becakayu sudah langsung dioperasikan sehingga tidak akan mangkrak lagi.

“Bagaimana mangkrak lagi, wong ini mulai besok dipakai. Ini langsung dipakai supaya perusahaaan juga segera mendapatkan pemasukan sehingga tol yang lain juga bisa dikerjakan pembangunannya,” katanya.

Tol Becakayu dibangun dan dioperasikan oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road sebesar 98,97 persen dan PT Jasa Marga Tbk sebesar 1,03 persen.

Sejak PT Waskita Toll Road mengakuisisi KKDM pada 2014, pengerjaan ruas Tol Becakayu mengalami perkembangan signifikan. Dengan jalan layang yang membentang dari Tambun dan Bekasi hingga Kampung Melayu sepanjang 23,76 km, jalan tol itu menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat akan permasalahan arus serta volume lalu lintas yang semakin padat.

Dirut KKDM Herwidiakto menyebutkan tol Becakayu dibangun dan dikerjakan secara bertahap yaitu Seksi I sepanjang 11,9 km, Seksi II sepanjang 4,1 km dan seksi III sepanjang 7,8 km.

“Jalan Tol Becakayu ini merupakan jawaban atas kebutuhan yang mendesak untuk memperlancar arus lalu lintas Bekasi-Jakarta yang selama ini selalu identik dengan kemacetan,” katanya.

Hadir dalam peresmian pengoperasian sebagian Tol Becakayu itu antara lain Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimujono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Jabar Deddy Mizwar. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

HIV positif

Belasan Ibu Hamil di Kaltara Positif HIV

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menemukan belasan ibu hamil positif mengidap penyakit HIV/AIDS pada 2017. "Ada 12 ibu hamil di Kaltara ini positif...

Kapolda Papua Serahkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Asmat

ASMAT, SERUJI.CO.ID - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan sanak keluarganya yang menderita penyakit campak dan gizi buruk di...

TNI Kerahkan Dua Helikopter Kirim Obat ke Asmat

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Markas Besar TNI mengerahkan dua unit helikopter untuk mengirim obat-obatan guna membantu menangani wabah penyakit campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat,...
loading...

Jiwa Gotong Royong yang Masih Tumbuh Subur

Tempo hari saya tercengang dengan megahnya sebuah masjid di desa Raji,  Demak, Jawa Tengah. Rupanya masjid yang belum selesai di bangun itu sudah menelan...

kebebasan berpikir

Kebebasan dalam Berpikir Hakikat bebas adalah merdeka dari segala hal yang mengikat. Berbicara tentang bebas, kita dapat belajar dari pengalaman komika kenamaan yaitu Ge Pamungkas...
_99517609_gepamungkas_joshuasuherman

Indonesia Darurat Keadilan

Indonesia Darurat Keadilan Salah satu penyebab gagalnya beberapa negara di Afrika di antaranya dalam masalah ketimpangan keadilan, sebut saja di Ethiopia, Zimbabwe dan negara-negara yang...