Kota Bogor Terima Rumah Contoh Darurat Bencana dari BPPT

0
40
Rumah Contoh Darurat Bencana
Serah terima Rumah Contoh Darurat Bencana dari BPPT disaksikan langsung Wali Kota Bogor Bima Arya di Kampung Muara Kidul. RW 11, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jumat (17/11/2017). (Foto: Dok. Pemkab Bogor)

BOGOR, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menerima hibah dua unit rumah contoh darurat bencana dari Badan Penelitian dan Pengkajian Teknologi (BPPT), Jumat (17/11).

Kedua rumah tersebut berada di Kampung Muara Kidul, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat.

Menurut Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto keberadaan dua rumah contoh hasil inovasi BPPT tersebut sangat cocok karena Kelurahan Pasir Jaya rawan bencana, sehingga menjadi atensi khusus pemerintah kota.

“Ketika ada bencana, kita kesulitan memberikan bantuan untuk warga, terutama terkait hunian sementara,” kata Bima.

Setiap bencana terjadi, warga yang rumahnya terkena musibah akan dikontrakkan di hunian sementara. Namun, beberapa warga banyak yang enggan pindah ke rumah kontrakan sementara.

“Mereka lebih memilih menumpang di rumah saudaranya terdekat,” kata Bima.

Menurut Bima, rumah contoh darurat menjadi salah satu opsi. Walau disebut rumah darurat bencana, tetapi memiliki konstruksi kuat sampai 15 tahun. Terdapat tiga tahapan pada rumah contoh tersebut yakni memastikan dalam proses uji coba sesuai dengan hitung-hitungannya dalam aspek teknologi.

Tahapan kedua, kembali ke tujuan awalanya rumah tersebut dipergunakan untuk hunian sementara. BPBD harus berkoordinasi dengan camat dan bagian pemerintahan untuk mencarikan lahan terutama di titik-titik yang dekat darurat bencana.

Tahap ketiga, Pemkot Bogor sedang menguji kekuatan rumah contoh tersebut sampai mana. Setelah diuji kemudian konsepnya akan berkembang untuk diaplikasikan pada kebutuhan yang lain.

“Minimal satu kecamatan ada satu lokasi yang dibangun rumah darurat bencana serupa,” kata Bima.

Bima berharap selama masa uji coba ini bisa dimanfaatkan dan diketahui kelayakannya. Bahkan bisa dikembangkan inovasi dan kreasinya.

“Tidak terbatas pada kebutuhan bencana tetapi untuk kebutuhan yang lainnya,” kata Bima. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Meski Dikalahkan Uruguay, Pelatih: Arab Saudi Tampil Lebih Baik

RUSIA, SERUJI.CO.ID - Arab Saudi akan tersingkir dari Piala Dunia setelah kalah 1-0 dari Uruguay, tetapi pelatih Juan Antonio Pizzi mengatakan timnya telah memulihkan martabat...

Putin Apresiasi Penampilan Timnas Rusia di Piala Dunia

MOSKOW, SERUJI.CO.ID -  Tim tuan rumah memastikan melaju ke babak sistem gugur untuk pertama kalinya sejak keruntuhan Uni Soviet, Piala Dunia Rusia akan lebih baik...
Neymar

Pulih dari Cedera, Neymar Kembali Latihan

SOCHI, SERUJI.CO.ID - Pemain depan Brazil Neymar kembali berlatih normal pada Rabu (20/6) waktu setempat, sehari setelah istirahat di sesi latihan Selasa (19/6) karena merasa...

Ini Tanggapan Pelatih Peru Terkait Teknologi VAR di Piala Dunia

RUSIA, SERUJI.CO.ID -  Pelatih Peru Ricardo Gareca mengatakan pada Rabu (20/6) bahwa kesalahan manusia merupakan salah satu daya tarik pertandingan sepak bola dan bahwa sistem...

Kalahkan Iran, Spanyol Berpeluang Lolos Babak 16 Besar

RUSIA, SERUJI.CO.ID -  Tim nasional Spanyol sukses menaklukkan Iran dengan skor 1-0 di laga lanjutan Grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Kazan Arena, Rusia,...