Korlantas Polri Akan Berlakukan Sanksi Tilang Pelanggar Ganjil-Genap Tol

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia akan memberlakukan sanksi tilang bagi pengguna angkutan pribadi yang melanggar ketentuan aturan ganjil-genap di tol Jakarta-Cikampek.

“Per 12 Maret 2018, begitu masa sosialisasi selesai dan aturan mulai diberlakukan, sanksi tilang akan dijatuhkan. Acuannya berdasar pada Peraturan Menteri Perhubungan,” kata Kepala Korlantas Polri Irjen Polisi Royke Lumowa di Bekasi, Senin (5/3).

Hal itu diungkapkannya saat melakukan peninjauan kesiapan ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (5/3) bersama dengan Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Aryani.

Menurut dia, sanksi tilang berlaku bagi pengendara yang melakukan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas yang sudah terpasang di lokasi.

Selama berlangsungnya masa sosialisasi aturan tersebut, kata dia, pihaknya tengah melengkapi rambu-rambu peringatan dan marka jalan petunjuk.

Dikatakan Royke, pemilahan terhadap kendaraan sesuai ketentuan ganjil genap diberlakukan jelang gerbang masuk Bekasi Barat juga Bekasi Timur.

Sejumlah personel kepolisian akan ditempatkan untuk melakukan pemilahan tersebut di sejumlah titik yang sudah ditentukan.

Jika kendaraan yang menyalahi ketentuan ganjil genap terlanjur memasuki gerbang tol, kata dia, bisa memanfaatkan putaran balik untuk segera keluar tol.

“Jika masih melanjutkan perjalanan, itu yang akan ditilang,” katanya.

Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Aryani menambahkan, ke depan, akan diberlakukan pula penindakan terhadap kendaraan berat yang melebihi ketentuan.

“Pelanggarannya masih banyak, yang kelebihan muatan, kelebihan dimensi, nanti akan juga ditertibkan. Sebab kendaraan berat yang tak menuruti ketentuan tersebut memberi pengaruh besar pada kerusakan badan jalan tol,” katanya.

Sesuai Standar Nasional Indonesia, kata dia, kekuatan jalan di satu titik sebesar 10 ton, tapi nyatanya banyak kendaraan berat yang menyalahi. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER