Kemenag Hadapi Tantangan Rehabilitasi Madrasah

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Kementerian Agama Republik Indonesia masih menghadapi persoalan keterbatasan anggaran guna merealisasikan proyek rehabilitasi madrasah berikut pengadaan mebelernya pada 2018.

“Rehabilitasi bangunan sekolah madrasah dan bantuan pengadaan mebeler masih menjadi tantangan utama kita saat ini,” kata Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag RI Kamarudin Amin di Bekasi, Senin (9/4).

Hal itu disampaikannya usai membuka jalannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kelurahan Telukpucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Komarudin hadir di lokasi tersebut mewakili Menteri Agama Lukman Hakim untuk meninjau penerapan tiga hal di sekolah tersebut, yakni Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional-Berbasis Komputer (UAMBN-BK), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pada 2017, pihaknya telah merealisasikan rehabilitasi terhadap 1.000 bangunan sekolah madrasah serta pengadaan 1.500 ruang belajar baru di sejumlah sekolah madrasah negeri di Indonesia.

“Jumlah ini masih sangat terbatas. Sarana dan prasarana sekolah masih menjadi tantangan terbesar kita, khususnya untuk madrasah swasta,” katanya.

Dia mengatakan sejumlah madrasah swasta di daerah yang masih kekurangan sarana prasarana penunjang belajar, berada di wilayah Indonesia timur.

“Salah satunya Papua. Rata-rata masih banyak yang kekurangan di wilayah timur Indonesia,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meminta peran serta masyarakat dan pemerintah daerah untuk turut membantu pengadaan bantuan sarana prasarana madrasah.

“Saya belum tahu berapa angka pasti keterbatasan anggaran kita, namun di sinilah peran penting masyarakat dan pemerintah daerah untuk bersama kami membantu madrasah yang membutuhkan bantuan,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER