Gubernur Jabar Temui Ulama Besar Rusia

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam kunjungan dan penandatanganan kerja sama antara pemprov Jabar dengan Pemerintah Bashkortostan, Rusia mengunjungi warga Muslim dan ulama besar setempat.

Ahmad Heryawan dalam siaran pers yang diterima di Bandung, Jumat (4/8), menuturkan dirinya disambut langsung oleh ulama besar Rusia Syeikh Islam Mufti Talgat Safa Tajuddin bersama jamaah dengan suasana hangat menyelimuti silaturahim tersebut.

Gubernur yang akrab disapa Aher tersebut memimpin delegasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam lawatan kerja ke Rusia untuk memenuhi undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, Rusia yang akan menggelar Festival Indonesia (FI) ke-2 pada 4-6 Agustus 2017 di Moskow, Rusia.

Ia dan Syeikh Islam Mufti Talgat Safa Tajuddin saling bertukar peci buatan Jabar dengan produk sejenis khas Rusia.

Sebagai bentuk penghormatan, Mufti Talgat Safa Tajuddin yang merupakan tokoh rohani tertinggi di Rusia ini pun tidak ragu untuk menggunakan peci Jawa Barat tersebut.

Dalam pertemuan tersebut keduanya kemudian terlibat perbincangan akrab tentang perkembangan Islam selama ini di Rusia.

Aher merasa terkejut dengan jumlah penduduk sekitar empat juta orang di negara Bashkortostan Rusia mayoritas beragama Islam.

“Ini di luar dugaan kita semua, ternyata di Bashkortostan Rusia ini banyak Muslimnya. Bahkan muslimnya sangat mayoritas mencapai sekitar 85 persen. Ini luar biasa,” kata Aher.

Selain itu, lanjutnya, Islam Rusia pun menyebar ke beberapa negara lainnya, seperti Finlandia, dan Siberia. Perkembangan Islam di Rusia bahkan cukup pesat, hal tersebut ditunjukan dengan banyaknya masjid berdiri di sana.

“Kita bangga Islam tumbuh di Rusia terbukti dulu hanya sekitar 300 masjid sekarang 7.500 masjid,” katanya.

Oleh karena itulah, katanya, dia tertarik untuk merealisasikan kerja sama dengan pemerintah Bashkortostan baik di bidang tekhnologi, pendidikan, pertanian, migas dan lainya.

“Kita nanti bisa kerja sama melalui pertukaran mahasiswa. Belajar Islam di sini dan bisa juga belajar yang lainnya,” katanya.

Sementara itu Syeikh Islam Mufti Talgat Safa Tajuddin mengatakan, perkembangan Islam di Rusia cukup pesat sejak 15 tahun terakhir. Bahkan pada setiap tahunnya berdiri 20-30 bangunan masjid di Bashkortostan Rusia.

“Sekarang ini ada sekitar 7.500 masjid yang berdiri di sini,” katanya.

Selama ini, lanjutnya, umat Muslim di Rusia menjalin komunikasi sangat baik dengan pemeluk agama lainnya, bahkan sangat mendapat perhatian dari pemerintah.

“Tidak ada hambatan apapun dari negara, bahkan tanah untuk pembangunan masjid pun difasilitasi pemerintah. Tidak hanya itu saja pendidikan Islam pun masuk pada kurikulum sekolah di tingkat dasar,” katanya.

Terkait silaturahim yang dilakukan, Mufti Talgat Safa Tajuddin pun sangat mengapresiasi sikap Aher yang melakukan silaturahmi dengannya.

Menurutnya, hal itu sangat luar biasa karena Aher merupakan pejabat Jawa Barat yang pertama melakukan silaturahmi ke Rusia.

“Alhamdulillah mudah-mudahan ada kerja sama kita nanti ke depan dengan pemerintah Indonesia,” pungkasnya. (IwanY)

Sumber:Antara

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close