Gubernur Aher Raih Penghargaan Anugerah Purwakalagrha

1
40
ahmad heryawan
Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat (Foto: Istimewa)

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mendapatkan Anugerah Purwakalagrha dalam ajang Indonesia Museum Awards (IMA) 2017 untuk kategori Pejabat Peduli Museum.

“Kami ingin peninggalan-peninggalan masa lalu itu secara regulasi juga terlindungi baik yang ada di provinsi maupun di kabupaten dan kota. Kami meminta lewat perda itu bahwa seluruh kabupaten dan kota untuk memelihara kesejarahannya, kalau bisa kemudian kepurbakalaan, kesejarahan tersebut dalam bentuk museum,” kata Aher, dalam siaran persnya, di Bandung, Ahad (15/10).

Sosok Aher dinilai memiliki peran aktif dalam melestarikan nilai-nilai sejarah, cagar budaya, dan masalah permuseuman di Provinsi Jawa Barat.

Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Kepurbakalaan, Kesejarahan, Nilai Tradisional, dan Museum.

Perda tersebut dimaksudkan untuk mengelola cagar budaya, sejarah, nilai budaya, dan museum sebagai upaya pelestarian untuk mempertahankan keberadaannya. Caranya, yaitu dengan melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkannya.

Perda tersebut dinilai telah memberikan keberpihakan yang nyata dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap pengembangan museum.

Aher menerima Anugerah Purwakalagrha IMA 2017 untuk kategori Pejabat Peduli Museum yang digelar di Aula Barat Gedung Sate, beberapa waktu lalu.

Aher menambahkan, melalui perda tersebut lahir berbagai upaya untuk mengembangkan museum di Jawa Barat.

Upaya tersebut di antaranya kolaborasi dengan berbagai museum di Jawa Barat untuk merawat, mengembangkan, termasuk ikut andil membangun museum baru bersama Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Menurut dia, saat ini Pemprov Jawa Barat juga tengah membangun Museum Gedung Sate yang ditargetkan selesai pada November 2017 ini terletak di Lantai 1 Gedung Sate.

1
2
BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Peresmian Kantor Induk PJR Serang

Kantor Induk Polisi Jalan Raya Serang Resmi Beroperasi

SERANG, SERUJI.CO.ID - PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan beroperasinya Kantor Induk Patroli...
Khofifah-Emil

Resmi Usung Khofifah-Emil, Golkar Ancam Beri Sanksi Kadernya yang Tak Dukung

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - DPP Partai Golkar mengancam akan mengambil sikap tegas kepada kader partai Golkar yang tidak menjalankan putusan Partai Golkar yang telah memberikan...
Gus Ipul (kiri) dan Khofifah (kanan)

Survei: Jika Pilgub Jatim Dilakukan Hari ini, Siapakah Yang Anda Pilih?

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur akan berlangsung pada tahun 2018. Dan saat ini sudah ada dua pasang calon yang secara resmi...

KANAL WARGA TERBARU

Setan Pendidikan yang Bernama Kompetisi

Oleh Muhammad Hanif Priatama Bagaimana cara kebanyakan orangtua mengetahui seberapa baik anaknya di sekolah saat ini? Jawabannya : RANGKINGNYA! Ya, tidak ada sarana yang paling...
KH. Luthfi Bashori

Pilih Mancung atau Pesek?

KH. Luthfi Bashori Seseorang yang berpakaian islami itu menunjukkan imannya MANCUNG di sisi Allah. Sedangkan menanggalkan pakaian islami itu adalah perbuatan orang yang PESEK imannya...
images lpdp

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah...