Gubernur Aher Raih Penghargaan Anugerah Purwakalagrha

1
93
ahmad heryawan
Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat (Foto: Istimewa)

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mendapatkan Anugerah Purwakalagrha dalam ajang Indonesia Museum Awards (IMA) 2017 untuk kategori Pejabat Peduli Museum.

“Kami ingin peninggalan-peninggalan masa lalu itu secara regulasi juga terlindungi baik yang ada di provinsi maupun di kabupaten dan kota. Kami meminta lewat perda itu bahwa seluruh kabupaten dan kota untuk memelihara kesejarahannya, kalau bisa kemudian kepurbakalaan, kesejarahan tersebut dalam bentuk museum,” kata Aher, dalam siaran persnya, di Bandung, Ahad (15/10).

Sosok Aher dinilai memiliki peran aktif dalam melestarikan nilai-nilai sejarah, cagar budaya, dan masalah permuseuman di Provinsi Jawa Barat.

Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Kepurbakalaan, Kesejarahan, Nilai Tradisional, dan Museum.

Perda tersebut dimaksudkan untuk mengelola cagar budaya, sejarah, nilai budaya, dan museum sebagai upaya pelestarian untuk mempertahankan keberadaannya. Caranya, yaitu dengan melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkannya.

Perda tersebut dinilai telah memberikan keberpihakan yang nyata dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap pengembangan museum.

Aher menerima Anugerah Purwakalagrha IMA 2017 untuk kategori Pejabat Peduli Museum yang digelar di Aula Barat Gedung Sate, beberapa waktu lalu.

Aher menambahkan, melalui perda tersebut lahir berbagai upaya untuk mengembangkan museum di Jawa Barat.

Upaya tersebut di antaranya kolaborasi dengan berbagai museum di Jawa Barat untuk merawat, mengembangkan, termasuk ikut andil membangun museum baru bersama Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Menurut dia, saat ini Pemprov Jawa Barat juga tengah membangun Museum Gedung Sate yang ditargetkan selesai pada November 2017 ini terletak di Lantai 1 Gedung Sate.

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Hari Reresik Malioboro

Wisatawan Keluhkan Mahalnya Tarif Parkir di Yogyakarta

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keluhan wisatawan terkait tarif parkir kendaraan yang melebihi ketentuan saat libur Lebaran, khususnya di kawasan wisata Kota Yogyakarta mewarnai lini massa di...

Seorang Warga Nunukan Digigit Buaya

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Kampung Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami luka-luka akibat digigit buaya pada Ahad (17/6), sekitar pukul 10.30...
Mochamad Iriawan

Terungkap Pengusul Iriawan Sebagai Pj Gubernur Jabar, Mendagri: Presiden Jokowi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Teka-teki siapa pengusul Komisari Jendral Polisi M. Iriawan sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ahmad Heryawan, terjawab saat pelantikan Iriawan yang...

Satpam Sekolah Gagalkan Pencurian Laptop

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Satpam SMPN 2 Jetis, Marni menggagalkan pencurian "laptop" atau komputer jinjing yang dilakukan dua orang tersangka, Randy dan Dika keduanya warga Kabupaten...

Abrasi Laut Ancam Wisata Tanjung Lesung

BANTEN, SERUJI.CO.ID - Abrasi air laut berpotensi mengancam puluhan meter jalan utama menuju destinasi wisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang menjadi pilihan favorit...