Dishub Garut Segera Evaluasi Tarif Angkutan Umum

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Jawa Barat, segera mengevaluasi tarif angkutan umum untuk menyesuaikan biaya operasional kendaraan yang menggunakan BBM nonsubsidi dampak tidak tersedianya premium di stasiun pengisian bahan bakar umum di Garut.

“Dalam waktu dekat kami segera mengevaluasi dengan melibatkan seluruh stakeholder untuk mencari solusi terbaik,” kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Garut Deni Desta kepada wartawan di Garut, Rabu (4/4).

Ia menuturkan, pelaku usaha angkutan umum mengeluhkan biaya operasional kendaraan yang lebih tinggi akibat langkanya premium di SPBU.

Akibat kelangkaan itu, kata dia, pelaku usaha angkutan umum lebih memilih bahan bakar minyak jenis lain seperti pertalite yang lebih mahal dari premium, sedangkan tarif angkutan tetap.

“Ini perlu dibahas oleh pemerintah, Organda (Organisasi Angkutan Darat) maupun para pelaku usaha angkutan umum,” katanya.

Ia menyampaikan, kondisi usaha angkutan umum sedang dihadapkan pada berbagai persoalan seperti persaingan usaha dengan trasportasi daring yang sampai sekarang masih dalam pembahasan.

Selanjutnya, kata dia, pelaku usaha angkutan umum dihadapkan lagi dengan persoalan kelangkaan BBM bersubsidi jenis premium di Garut hingga akhirnya harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli pertalite.

“Sebagai solusi alternatif bisa ditawarkan menyediakan SPBU khusus premium di daerah, namun perlu kajian terlebih dulu,” katanya.

Bendahara Organda Garut, Ajat Sudrajat mengatakan, pemerintah daerah menetapkan tarif angkutan jauh dekat Rp3 ribu berdasarkan pertimbangan harga premium, untuk itu perlu ada perubahan agar tidak merugikan pelaku usaha angkutan.

“Premium di sejumlah SPBU sudah langka sehingga harus ada kebijakan baru lagi terkait ketetapan tarif baru,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy