Demonstrasi Buruh Bekasi Terkait UMSK Urung Digelar

BEKASI, SERUJI.CO.ID – Sejumlah aliansi buruh di wilayah Bekasi, Jawa Barat, sepakat untuk menunda agenda demonstrasi perihal tuntutan penetapan Upah Minimum Sektoral Kota/Kabupaten (UMSK) 2018, Selasa (13/2).

“Ada tiga tuntutan kami, yakni kaitan adanya kesepakatan UMSK, meminta Apindo menyepakati hasil keputusan rapat Dewan Pengupahan Kota (Depeko) dan penolakan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2018,” kata koordinator massa dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Yusuf di Bekasi.

Menurut dia, rencana aksi pengerahan massa buruh dari wilayah Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi ke perkantoran Pemerintah Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani Nomor 1, Bekasi Selatan, urung dilakukan menyusul tidak keluarnya pengajuan izin keramaian dari kepolisian setempat.

Pihak kepolisian beralasan, agenda demonstrasi tersebut bersamaan waktunya dengan digelarnya tahapan Pilkada berupa penentuan nomor urut pasangan calon yang berlangsung di Hotel Horison Kota Bekasi pukul 10.00 WIB.

Dikatakan Yusuf, sebanyak enam serikat pekerja di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi, yakni SPSI, SPDSI, FSPMI, GSPMII dan FPBI sepakat untuk menunda agenda unjuk rasa tersebut.

“Semalam memang ada instruksi dari Pimpinan Cabang SPSI Bekasi Abdullah terkait unjuk rasa ini. Namun aksi batal karena ada kegiatan pengundian nomor urut pasangan pasangan calon Pilkada,” katanya.

Dikatakan Yusuf, agenda pembahasan UMSK sudah berjalan secara maraton sejak Minggu (11/2) dan Senin (12/2) di Plaza Pemkot Bekasi, namun hingga kini belum menemukan kata sepakat.

“Belum sepakat besaran upahnya (sektoral). Kenaikan upah sektoral diharapkan bisa di atas UMK 2018 yakni 8,71 persen atau minimal sama,” katanya.

Dikatakan Yusuf, UMSK 2017 untuk sektor 1 berkisar Rp3,9 juta per bulan, sementara sektor 2 pada 2017 mencapai 4,1 juta per bulan.

Tuntutan tersebut, kata Yusuf, hingga kini belum memperoleh kesepakatan akibat Apindo selalu mangkir dari undangan pembahasan bersama Depeko.

“Apindo tidak mau berunding dan ‘ngeyel’. Pemkot Bekasi saat ini sednag berupaya mendorong Apindo untuk segera berunding dengan kami dengan difasilitasi oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi,” katanya.

Yusuf menambahkan, rencananya agenda pembahasa tersebut akan kembali dilanjutkan pada siang ini sekitar pukul 13.00 WIB.

Pantauan Antara di lokasi melaporkan, sedikitnya 700 buruh dari SPSI nampak berdatangan ke kantor SPSI di Jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan.

Massa tersebut semula sudah mempersiapkan diri menggelar unjuk rasa, namun terlambat memperoleh pemberitahuan pembatalan sehingga memilih berkumpul di kantor SPSI yang berdekatan jaraknya dengan Plaza Pemkot Bekasi.

Situasi nampak kondusif dengan pengawalan sekitar 400 personel kepolisian yang berjaga di sekitar kantor Pemkot Bekasi dan kawasan Jalan Kemakmuran. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hatiā€“hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

TERPOPULER