Demi Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Pemkot CIREBON Benahi Perpustakaan

CIREBON – Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, terus berupaya membenahi perpustakaan untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang dirasa masih rendah.

“Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan konsep Perpustakaan 400 ini juga mengusung suasana perkantoran,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon, M. Korneli, dilansir dari Antara, senin (10/7).

Menurut Korneli, untuk meningkatkan minat baca masyarakat tidak cukup hanya dengan menyodorkan buku. Baginya, hal pertama yang harus dilakukan ialah membuat orang mau datang ke perpustakaan.

Pihak pemkot terus konsen berupaya melakukan peningkatan pelayanan dan penambahan fasilitas dan secara perlahan membuahkan hasil selama beberapa tahun terakhir.

“Terbukti dengan semakin meningkatnya kunjungan setiap harinya sekitar 250 sampai 300-an orang datang ke Perpustakaan 400,” ungkapnya.

Kornel juga menjelaskan bahwa perpustakaan umum seperti Perpustakaan 400 sudah saatnya memberikan suasana dan pelayanan berbasis semi swasta.

Maka dari itu, pihaknya akan berupaya membuat orang yang datang tersebut merasa betah dan nyaman berada di perpustakaan.

Kornel menambahkan di setiap meja baca juga disediakan kotak saran kecil untuk pengunjung yang ingin memberikan kritik dan saran.

“Jadi pada dasarnya kami membangun Perpustakaan 400 ini sesuai masukan pengunjung,” imbuhnya lagi.

Dia berujar bahwa pada tahun 2018, Perpustakaan 400 akan melakukan perubahan besar-besaran. Konsep toko buku yang apik pun telah disiapkan untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Sementara koleksi buku saat yang ini mencapai 45.000 eksemplar dengan 16.000 judul dipastikan akan ditambah. Hal itu menjadikan Perpustakaan 400 memiliki koleksi buku yang lengkap, dari mulai buku pelajaran hingga buku bacaan.

“Kami juga punya perpustakaan keliling, meski belum bisa disebut layak. Setidaknya, menjadi salah satu upaya kami meningkatkan minat baca masyarakat,” tutup Kornel. (HA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.