Curah Hujan Tinggi, Wisatawan Dihimbau Tidak Kunjungi Wisata Air

0
64
Banjir di Bantul
Sejumlah wilayah di Bantul terendam banjir. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mengimbau warga dan wisatawan tidak mengunjungi area wisata air danau maupun laut di selatan Cianjur karena tingginya curah hujan di sebagian besar daerah ini.

Kepala BPBD Cianjur, Ahmad Rifai di Cianjur, Kamis (30/11), mengatakan, pihaknya telah berkordinasi dengan berbagai pihak di sejumlah tempat wisata air untuk melarang warga dan wisatawan untuk mendekati pinggir pantai atau danau.

“Kalau bisa warga dan wisatawan tidak bermain di bibir pantai, kalau sudah berada di lokasi lebih baik di pantai saja karena saat ini cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi,” katanya.

Loading...

Meskipun belum menempatkan anggota atau relawan di tempat wisata air tersebut, namun pihaknya telah berkordinasi dengan pengelola, aparat kecamatan dan desa serta aparat hukum setempat untuk melakukan pengawasan dan imbauan.

“Kita belum menempatkan anggota atau relawan dan mendirikan posko karena pengelola tempat wisata biasanya sudah melakukan antisipasi dengan melarang wisatawan mendekat ke bibir pantai atau danau guna menghindari hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sedangkan terkait penanganan bencana yang menimpa sejumlah wilayah di selatan Cianjur, pihaknya telah menempatkan relawan untuk mengawasi dan melakukan evakuasi ketika bencana alam susulan terjadi di wilayahnya masing-masing.

“Semua titik dan zona merah bencana menjadi fokus kami, namun beberapa titik yang menjadi langanan tahunan mendapat perhatian lebih karena bencana alam banjir dan longsor dapat kapan saja terjadi,” katanya.

Pihaknya juga mengimbau warga diseluruh wilayah Cianjur, untuk waspada dan segera mengungsi jika m elihat tanda-tanda akan terjadi bencana di wilayah tempat tinggalnya masing-masing. (Ant/SU01)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU