Curah Hujan Tinggi, Wisatawan Dihimbau Tidak Kunjungi Wisata Air

0
57
Banjir di Bantul
Sejumlah wilayah di Bantul terendam banjir. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mengimbau warga dan wisatawan tidak mengunjungi area wisata air danau maupun laut di selatan Cianjur karena tingginya curah hujan di sebagian besar daerah ini.

Kepala BPBD Cianjur, Ahmad Rifai di Cianjur, Kamis (30/11), mengatakan, pihaknya telah berkordinasi dengan berbagai pihak di sejumlah tempat wisata air untuk melarang warga dan wisatawan untuk mendekati pinggir pantai atau danau.

“Kalau bisa warga dan wisatawan tidak bermain di bibir pantai, kalau sudah berada di lokasi lebih baik di pantai saja karena saat ini cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi,” katanya.

Meskipun belum menempatkan anggota atau relawan di tempat wisata air tersebut, namun pihaknya telah berkordinasi dengan pengelola, aparat kecamatan dan desa serta aparat hukum setempat untuk melakukan pengawasan dan imbauan.

“Kita belum menempatkan anggota atau relawan dan mendirikan posko karena pengelola tempat wisata biasanya sudah melakukan antisipasi dengan melarang wisatawan mendekat ke bibir pantai atau danau guna menghindari hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sedangkan terkait penanganan bencana yang menimpa sejumlah wilayah di selatan Cianjur, pihaknya telah menempatkan relawan untuk mengawasi dan melakukan evakuasi ketika bencana alam susulan terjadi di wilayahnya masing-masing.

“Semua titik dan zona merah bencana menjadi fokus kami, namun beberapa titik yang menjadi langanan tahunan mendapat perhatian lebih karena bencana alam banjir dan longsor dapat kapan saja terjadi,” katanya.

Pihaknya juga mengimbau warga diseluruh wilayah Cianjur, untuk waspada dan segera mengungsi jika m elihat tanda-tanda akan terjadi bencana di wilayah tempat tinggalnya masing-masing. (Ant/SU01)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Putin Apresiasi Penampilan Timnas Rusia di Piala Dunia

MOSKOW, SERUJI.CO.ID -  Tim tuan rumah memastikan melaju ke babak sistem gugur untuk pertama kalinya sejak keruntuhan Uni Soviet, Piala Dunia Rusia akan lebih baik...
Neymar

Pulih dari Cedera, Neymar Kembali Latihan

SOCHI, SERUJI.CO.ID - Pemain depan Brazil Neymar kembali berlatih normal pada Rabu (20/6) waktu setempat, sehari setelah istirahat di sesi latihan Selasa (19/6) karena merasa...

Ini Tanggapan Pelatih Peru Terkait Teknologi VAR di Piala Dunia

RUSIA, SERUJI.CO.ID -  Pelatih Peru Ricardo Gareca mengatakan pada Rabu (20/6) bahwa kesalahan manusia merupakan salah satu daya tarik pertandingan sepak bola dan bahwa sistem...

Kalahkan Iran, Spanyol Berpeluang Lolos Babak 16 Besar

RUSIA, SERUJI.CO.ID -  Tim nasional Spanyol sukses menaklukkan Iran dengan skor 1-0 di laga lanjutan Grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Kazan Arena, Rusia,...

Ini Alasan FIFA Denda Federasi Sepak Bola Meksiko dan Serbia

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Komite Disiplin FIFA telah menyetujui Federasi Sepak Bola Meksiko (FMF) dengan denda CHF 10.000 untuk kesalahan sekelompok penggemar Meksiko dalam kaitannya dengan...