BPBD: Drainase Buruk Sebabkan Banjir di Garut

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan, kondisi drainase yang buruk menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir melanda Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) 99 Rancabango dan pemukiman penduduk di Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Sabtu (7/4) malam.

“Drainase tidak mampu menampung air, karena pendangkalan, sampah, sempit,” kata Kepala BPBD Garut, Dadi Djakaria di Garut, Ahad (8/4).

Ia menuturkan, hujan deras mengguyur wilayah perkotaan Garut sejak Sabtu (7/4) sore hingga malam menyebabkan banjir di beberapa titik Kecamatan Tarogong Kaler.

Ia menyebutkan, daerah yang terdampak banjir yakni di Desa Rancabango menggenangi lingkungan Pesantren Persis terdiri dari rumah, kelas, asrama santri, kantor dan pos kesehatan pesantren.

“Di Desa Cimanganten dua perkampungan, Kampung Loji dan Nager Tengah, rincian terdampak menyusul,” katanya.

Ia menyampaikan, tim BPBD, sukarelawan, aparatur pemerintah kecamatan dan desa setempat serta jajaran petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) berupaya menanggulangi daerah terdampak banjir.

Petugas Damkar, kata Dadi, melakukan penyedotan genangan air di lingkungan pesantren serta membersihkan ruangan yang kotor akibat banjir.

“Ada aksi bersih-bersih lokasi Pesantren Persis Rancabango,” katanya.

Banjir melanda lingkungan Pesantren Persis Rancagango tersebut merupakan yang kesekian kalinya.

Bahkan banjir sebelumnya menyebabkan bangunan tembok yang berada sekitar aliran Sungai Ciojar jebol sehingga air masuk ke lingkungan pesantren. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER