Belasan Pewarta Cianjur Mendapat Vaksin Difteri

CINJUR, SERUJI.CO.ID – Belasan pewarta cetak dan elektronik yang bertugas di Cianjur, Jawa Barat, mendapatkan vaksin difteri, untuk mengantisipasi tertularnya mereka dari penyakit tersebut, saat melakukan tugas liputan.

Para pewarta mendapatkan vaksin tersebut di klinik milik dr Efa Fatimah Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Cianjur, Rabu (13/12).

Angga Purwanda seorang jurnalis cetak, mengatakan, mereka mengikuti vaksin setelah dianjurkan petugas di dinas kesehatan karena sejak beberapa hari terakhir awak media tengah gencar melakukan peliputan kasus difteri.

“Ini sebagai langkah antisipasi karena saat ini, kami banyak melakukan peliputan dengan korban dan keluarga korban difteri. Pihak medis yang juga Kabid di Dinkes membuka diri untuk memfasilitasi wartawan untuk divaksin,” katanya.


Dia menjelaskan, selama ini tidak jarang wartawan yang kurang mengantisipasi atau menjaga diri dari dampak liputan, sehingga wartawan di Cianjur mulai didorong untuk sadar mencegah kemungkinan buruk tersebut.

“Ketika ada kesempatan kami langsung menyetujui, setidaknya dapat mencegah penularan setelah melakukan kontak dengan keluarga atau melakukan peliputan di lingkungan korban difteri,” katanya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Cianjur, Neneng Efa Fatimah, mengatakan, pemberian fasilitas tersebut dilakukan untuk menjalin komunikasi baik dengan pewarta serta menjadikan jurnalis sebagai contoh baik dalam meningkatkan kesehatan.

“Ini menjadi langkah baik, jurnalis menjadi contoh dan penggerak warga untuk sadar vaksin, terutama untuk anak-anak. Mereka yang berada di lingkungan, dimana ditemukan difteri juga perlu agar dapat mencegah penularan,” katanya.

Pihaknya mengimbau, warga untuk meningkatkan kesadaran mengimunisasi anaknya secara lengkap karena imunisasi dapat menangkal penyakit berbahaya seperti difteri karena temuan kasus tersebut didominasi dari wilayah yang warganya belum sadar imunisasi.

“Masih banyak warga yang beranggapan kalau vaksin atau imunisasi mengandung bahan yang tidak halal, meskipun sudah dipastikan kehalalannya. Ini yang perlu kita dorong bersama, bagaimana terus menggenjot kesadaran imunisasi lengkap,” pungkasnya. (Ant/SU03)

KONSULTASI

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Menang Hadapi Persidago, Pelatih: Persebaya Masih Perlu Banyak Pembenahan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman menilai permainan timnya...

Pernah Ditertibkan, APK di Jalan Utama Payakumbuh Masih Langgar Aturan

PAYAKUMBUH, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu Payakumbuh, Sumatera Barat,...

Warga NU Yang Tak Pilih Kyai Ma’ruf di Pilpres 2019, Habib Hasan: Keterlaluan

PURWOREJO, SERUJI.CO.ID - Rais Suriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama...

Lukman Edy Tuding Puisi Neno Warisman Sesat dan Puncak Kebohongan Kubu Prabowo

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Politikus PKB Lukman Edy menilai puisi...

Lawan Indonesia, Vietnam Yakini Semifinal Selesai Dalam 90 Menit

KAMBOJA, SERUJI.CO.ID - Pelatih Tim Nasional Vietnam U-22 Nguyen...

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Menteri Pariwisata Panen Omelan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga tiket pesawat hingga kini ternyata...

Survei IndEX: Elektabilitas PDIP Terus Anjlok Jelang Hari Pemilihan

Kembali elektabilitas PDIP diprediksi terpuruk pada Pemilu 2019 ini.

Bantah Tudingan Berkhianat, Begini Alasan PBB Akhirnya Dukung Jokowi

Menolak disebut berkhianat, ini alasan PBB dukung Jokowi

TERPOPULER

Jelang Debat Capres, Relawan Bershalawat di Depan Kediaman Prabowo

Relawan pendukung Prabowo-Sandiaga melantunkan shalawat dan takbir di depan kediaman calon presiden Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Ahad (17/2) malam.

Terlihat Ikut Saat Keributan di Debat Capres, Begini Penjelasan Menko Luhut

Menteri Koordinator Bidang Kemaritimam Luhut Binsar Panjaitan mengaku dirinya bangkit dari tempat duduknya saat debat capres putaran kedua untuk mendinginkan suasana saat itu.

Nilai Para Camat Tidak Kampanyekan Jokowi, Begini Alasan Wali Kota Makassar

Wali Kota Makassar nilai para camat yang ada di video dukung Jokowi, tidak sedang kampanye.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.