Aher Usulkan Gaji Kepala Daerah Naik

0
9
Aher
Ahmad Heryawan (Aher).

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo agar gaji kepala daerah naik, hal tersebut dilakukan agar para kepala daerah bisa terhindar dari jerat tindak pidana korupsi.

“Saya kira gaji kepala daerah nanti dinaikkan. Usulan ini saya sampaikan langsung kepada Pak Mendagri yang kebetulan ada di sini,” kata Gubernur Aher saat memberikan sambutan pada acara Pembekalan Antikorupsi dan Deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Pasangan Calon Kepala Daerah Se-Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Selasa (17/4).

Aher beralasan gaji kepala daerah perlu dinaikkan karena jika dikalkulasikan gaji bulanan yang didapatkan tidak sebanding dengan modal politik yang dikeluarkan saat menjalani masa kampanye.

“Menjadi seorang kepala daerah itu banyak ke khidmatnya daripada memikirkan soal materi. Saya kira di sini kehebatan para calon kepala daerah. Insha Allah Pilkada Serentak 2018 di Jabar berjalan aman dan lancar,” katanya.

Sementara itu, terkait kegiatan pembekalan antikorupsi kepada calon kepala daerah, pihaknya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada KPK yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan ini sehingga diharapkan ketika mereka yang nantinya akan terpilih, memiliki komitmen untuk menghilangkan potensi tindak pidana korupsi, kolusi maupun nepotisme.

“Selain itu, saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada KPK, karena akan memfasilitasi acara ini dan pengumuman LHKPN masing-masing calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat,” katanya.

“Tentunya pengumuman LHKPN ini merupakan bentuk ketaatan dan kepatuhan para calon kepala daerah sebelum menduduki jabatan strategis, agar setiap perubahan harta pejabat negara dapat diperiksa lebih lanjut dan diawasi oleh masyarakat, sebagai bentuk pencegahan terjadinya praktek korupsi, kolusi dan nepotisme,” lanjutnya.

Menyikapi usulan tersebut, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan usulan terkait kenaikan gaji kepala daerah tersebut berada di bawah kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Itu bukan wewenang saya, itu kewenangan Pak Menpan. (Usulan Aher agar gaji kepala daerah naik) saya kira kalau gaji naik 1.000 kali lipat kalau mentalnya mental korup dia tetap nggak bisa,” kata Mendagri. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Diduga Ada ASN Dukung Gus Ipul, Ini Komentar Mantan Sekdaprov Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Munculnya postingan foto Asisten II Sekdaprov Jatim Fattah Yasin bersama beberapa orang termasuk mantan Gubernur Jatim Imam Utomo dan salah satu...

Tabung Elpiji Meledak di Bandung, 14 Orang Luka

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Tabung gas berukuran tiga kilogram meledak di sebuah rumah kontrakan di Gang Marsadi, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung, dan melukai...

Korban Dukun Cabul di Sukabumi Terus Bertambah

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID - Hasil pemeriksaan anggota Polsek Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat korban dukun cabul AR (43) warga Ciaul, Kota Sukabumi terus bertambah hingga...
Penggelapan dana

Kejaksaan Jatim Dalami 15 Anggota Dewan Terlibat P2SEM

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) mendalami keterlibatan 15 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim periode 2004 - 2009 dalam...
tewas

Seorang Wanita Tewas Diduga Keracunan Minuman

RANTAU, SERUJI.CO.ID - Seorang wanita muda berinisial HS berusia 18 tahun warga Desa Bakau, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, meninggal dunia diduga karena...