Aher dan 1.800 Komunitas Otomotif Deklarasikan Anti Hoax

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersama 1800 komunitas motor dan mobil se-Jawa Barat mendeklarasikan anti berita hoax dan anti tindakan radikalisme.

Deklarasi dibacakan oleh perwakilan dari ketua komunitas dan diikuti oleh seluruh anggota yang hadir di depan Gedung Sate Bandung, Ahad (6/5).

Gubernur Aher menuturkan, deklarasi tersebut juga merupakan simbol ajakan kepada seluruh masyarakat untuk tidak terlibat dalam berita hoax seperti meneruskan atau menyebarluaskannya pada akun media sosial yang dimiliki.

“Kami bersama Pak Kapolda dan teman-teman komunitas hari ini mendeklarasikan anti hoax dan anti radikalisme. Ini sebuah simbol ajakan kepada masyarakat untuk tidak membuat dan terlibat dalam berita hoax dan tidak memforward atau meneruskan apabila di sosmed masing-masing ada yang kirim berita hoax,” ujarnya.

Bila masyarakat menemukan berita yang diragukan kebenarannya, Aher meminta agar tabayyun atau mengkonfirmasi kebenaran berita tersebut atau didiamkan saja ketimbang langsung disebarkan.

Menurut Aher, tindakan tersebut sesuai dengan perintah Allah SWT kepada kaum muslim.

“Kami ajak warga Jabar untuk waspada kalau beritanya meragukan silakan konfirmasi. Karena kita mengamalkan hadist Nabi barang siapa yang beriman kepada Allah dan Rasulnya maka berkatalah baik, menulislah baik, kalau tidak diam saja,” ujar Aher.

Seluruh komunitas motor dan mobil di Jabar berkomitmen untuk mendukung kepolisian melaksanakan gerakan anti hoax dan anti radikalisme.

Mereka juga dengan tegas menolak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menyebarkan kebencian dan permusuhan individu atau kelompok tertentu yang mengatasnamakan suku, agama, ras dan antar golongan.

Selain itu, para anggota komunitas juga akan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memberikan informasi kepada kepolisian bila menemukan berita bohong dan menyesatkan secara langsung atau melalui media sosial.

Terkait Pilkada serentak 2018 di Jabar, mereka juga menyatakan siap mendukung Pilkada damai dan menolak money politik.

“Saat ini kita sedang menghadapi pesta demokrasi kita juga deklarasikan bersama, sejak awal kita berkomitmen untuk menjalankan Pilkada serentak secara aman, damai dan tentram,” ujar Aher.

Sementara itu Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengungkapkan, pihaknya akan menyasar seluruh komunitas masyarakat di Jabar untuk mendeklarasikan aksi tersebut.

“Jadi aksi ini akan kita lakukan dengan semua komunitas, nelayan sudah, petani sudah, mahasiswa sudah,” kata Kapolda Jawa Barat.

Menurutnya, masyarakat Jabar yang berjumlah 47 juta jiwa memiliki kreativitas yang tinggi dan kaya akan komunitas otomotif.

“Warga Jabar sangat kaya akan komunitas otomotif dan kreatif orang-orangnya karena itu kita himpun juga mereka untuk mendeklarasikan anti hoax dan radikalisme terutama menghadapi Pilkada serentak di Jabar supaya aman dan damai,” ujar Kapolda. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER