Warga Manokwari Sukarela Serahkan Satwa Dilindungi

0
15
Burung cenderawasih salah satu burung yang dilindungi (foto:istimewa)

MANOKWARI, SERUJI.CO.ID – Tiga warga di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menyerahkan secara sukarela sejumlah satwa langka dan dilindungi kepada kepolisian resor setempat, Ahad (3/6).

“Ini contoh yang bagus, mereka sadar bahwa hewan yang mereka pelihara adalah satwa dilindungi. Masyarakat di daerah lain sebaiknya melakukan hal yang sama,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat AKBP Hary Supriyono di Manokwari, Ahad (3/6).

Ia menyebutkan, penyerahan itu dilakukan langsung kepada penyidik di Mapolres Teluk Bintuni. Selanjutnya akan diserahkan kepada Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) untuk dikembalikan ke habitat aslinya.

Sejumlah satwa yang diserahkan tersebut antara lain lima ekor burung cendrawasih dan satu burung mambruk, Hary merinci, dua ekor cenderawasih diterima dari Nandi Nugroho, dua burung cenderawasih dan satu burung mambruk diterima dari Sutrisno serta satu ekor cenderawasih diterima dari Agus Wiyono.

“Mereka semua tinggal di satu kampung yakni Kampung Banjar Ausoy Distrik Manimeri Kabupaten Teluk Bintuni. Ketiganya datang sama-sama ke Polres setelah mendapat pencerahan hukum dari anggota Polres,” ujar Hary.

Ia menambahkan, penyerahan ini disaksikan petugas dari BKSDA. Setelah diserahkan kepada Polres, pihak Polres langsung menyerahkan kepada BKSDA.

Hary mengatakan, Polda Papua Barat saat ini sedang gencar mengawasi perburuan dan eksploitasi tumbuhan serta satwa liar dilindungi. Hal itu dilakukan untuk menjaga keanekaragaman hayati yang dimiliki Papua Barat.

“Kami sudah membentuk Satgas (satuan tugas) yang memang fokus untuk menindak pelanggaran yang terkait dengan tumbuhan dan satwa dilindungi,” katanya. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Mini Bus Tabrak Warung, 1 Tewas di Tempat

LANGKAT, SERUJI.CO.ID -  Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan lintas Sumatera dari Aceh menuju Medan, Sumatera Utara, mobil mini bus berpenumpang menabrak bengkel dan warung...

Tim Gabungan Kembali Temukan Jenazah Penumpang KM Sinar Bangun

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan kembali menemukan tiga jenazah penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. Kepala Badan Penanggulangan Bencana...
Mochamad Iriawan

Komjen Iriawan Minta KPU Jamin Hak Pemilih

BANDUNG, SERUJI.CO.ID -  Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen M Iriawan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat dan KPU kabupaten/kota menjamin hak pemilih...

Tingkat Kecelakaan Arus Mudik di Jabar Turun

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan tingkat kecelakaan selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 di Jawa Barat mengalami penurunan...
Mochamad Iriawan

Jadi Pj Gubernur Jabar, Komjen Iriawan: Saya Akan Netral

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Komisaris Jenderal (Komjen) Pol M Iriawan meminta masyarakat tidak perlu ragu terkait penunjukan dirinya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat oleh Presiden...