TKA di Nunukan Didominasi Warga Malaysia

0
71
kantor imigrasi Kabupaten Nunukan (foto:istimewa)

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID – Tenaga kerja asing (TKA) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami peningkatan pada 2017 dengan dominasi warga berasal dari Malaysia.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kabupaten Nunukan Bimo Mardi Wibowo di Nunukan, Jumat (19/1) membenarkan adanya tambahan TKA pada 2017 yang tercatat 29 orang dibandingkan dengan pada 2016 yang hanya 25 orang.

Ia menerangkan TKA yang bekerja di daerah itu umumnya di perusahaan perkebunan kelapa sawit selaku tenaga ahli. Rinciannya, asal Malaysia 17 orang, Korea Selatan enam orang, Srilangka empat orang, dan Australia satu orang. Mereka tersebar di 10 perusahaan.

Loading...

Selama TKA itu bekerja di Kabupaten Nunukan, katanya, mendapatkan pengawasan dari Kantor Imigrasi Nunukan agar tidak menyalahi izin tinggal.

“Sesuai hasil pendataan memang ada tambahan TKA di Kabupaten Nunukan sebanyak empat orang pada 2017 sehingga menjadi 29 orang. Pada 2016 sebanyak 25 orang,” kata dia.

Bimo mengatakan semua TKA yang bekerja di daerah itu mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia, seperti memiliki visa kunjungan berupa Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) dan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (Imika). Begitu juga, katanya, paspor yang dimiliki mereka telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Ia mengatakan pemantauan dan pengawasan secara mudah dilakukan petugas terhadap mereka karena perizinan diterbitkan Kantor Imigrasi Kabupaten Nunukan. Setiap tiga bulan sekali, Kantor Imigrasi Kabupaten Nunukan bekerja sama dengan Tim Pengawasan Orang Asing dari instansi terkait melakukan pemeriksaan keberadaan tenaga kerja asing di berbagai perusahaan di daerah itu. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama