TKA di Nunukan Didominasi Warga Malaysia

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID – Tenaga kerja asing (TKA) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami peningkatan pada 2017 dengan dominasi warga berasal dari Malaysia.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kabupaten Nunukan Bimo Mardi Wibowo di Nunukan, Jumat (19/1) membenarkan adanya tambahan TKA pada 2017 yang tercatat 29 orang dibandingkan dengan pada 2016 yang hanya 25 orang.

Ia menerangkan TKA yang bekerja di daerah itu umumnya di perusahaan perkebunan kelapa sawit selaku tenaga ahli. Rinciannya, asal Malaysia 17 orang, Korea Selatan enam orang, Srilangka empat orang, dan Australia satu orang. Mereka tersebar di 10 perusahaan.

Selama TKA itu bekerja di Kabupaten Nunukan, katanya, mendapatkan pengawasan dari Kantor Imigrasi Nunukan agar tidak menyalahi izin tinggal.

“Sesuai hasil pendataan memang ada tambahan TKA di Kabupaten Nunukan sebanyak empat orang pada 2017 sehingga menjadi 29 orang. Pada 2016 sebanyak 25 orang,” kata dia.

Bimo mengatakan semua TKA yang bekerja di daerah itu mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia, seperti memiliki visa kunjungan berupa Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) dan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (Imika). Begitu juga, katanya, paspor yang dimiliki mereka telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Ia mengatakan pemantauan dan pengawasan secara mudah dilakukan petugas terhadap mereka karena perizinan diterbitkan Kantor Imigrasi Kabupaten Nunukan. Setiap tiga bulan sekali, Kantor Imigrasi Kabupaten Nunukan bekerja sama dengan Tim Pengawasan Orang Asing dari instansi terkait melakukan pemeriksaan keberadaan tenaga kerja asing di berbagai perusahaan di daerah itu. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Politisi Kampungan

Meminta Maaf Kepada Generasi Yang Hilang

Tanggal 13 Febuari 2008 berlangsung peristiwa penting, di Australia. Melalui pidato Perdana Menteri Kevin Michael Rudd, di hadapan sidang Parlemen, pemerintah Australia secara secara resmi meminta maaf.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O