Tingkatkan Kualitas, Pemkab Kembangkan 75 Hektar Lahan Garam Terintegerasi

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID – Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, mengembangkan 75 hektar lahan garam terintegrasi di dua kecamatan yaitu Labakkang dan Bungoro.

“Tahun ini kami kembangkan di empat titik, tiga di Bungoro dan satu di Labakkang,” kata Koordinator Penyuluh Perikanan Kabupaten Pangkep Marwah Nompo yang dihubungi dari Makassar, Ahad (25/2).

Lahan terintegrasi ini adalah lahan tambak garam milik beberapa petani yang dikelola secara bersama-sama dengan satu manajemen usaha sehingga penerapan teknologi lebih efektif dan efisien. Pengembangannya akan melibatkan kelompok-kelompok petani garam.

“Ada teknik yang kami gunakan sehingga proses pembentukan garam bisa dilakukan dalam tiga hari, padahal biasanya enam sampai sepuluh hari,” kata Marwah yang juga merupakan Ketua Ikatan Penyuluh Perikanan (IPKANI) Sulsel ini.

Lahan tersebut, kata dia, juga akan menggunakan plastik geomembran sehingga kualitas garam yang dihasilkan lebih baik.

“Saat ini kualitas garam kita sudah bisa bersaing dengan garam Indramayu, ke depan kami harapkan setara dengan garam impor,” tuturnya.

Selain pengembangan lahan garam terintegrasi, ia mengatakan, tahun ini juga akan dilakukan uji coba teknologi rumah garam Prisma yang diadopsi dari petani garam Lamongan.

“Jika uji coba ini berhasil, pada 2019 ini bisa diterapkan di Pangkep,” tambahnya.

Kelebihan penggunaan rumah garam Prisma ini, menurut dia, produksi garam dapat dilakukan sepanjang tahun tanpa tergantung cuaca.

Ia berharap penerapan berbagai teknologi ini dapat meningkatkan produksi garam Pangkep yang pada 2017 mencapai 8,3 ribu ton dengan nilai Rp24,7 milyar. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER