Tim Gabungan Temukan Sarden Bercacing di Kapuas Hulu

PUTUSSIBAU, SERUJI.CO.ID – Tim gabungan Dinas Kesehatan dan Polres Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menemukan ada makanan kaleng jenis sarden yang diduga mengandung cacing dijual bebas di sejumlah mini market di Putussibau Ibu kota Kapuas Hulu.

“Saat kami lakukan pemeriksaan, ditemukan sarden ABC isi ikan makarel dalam saus cabai empat kaleng dan sudah disuruh kembalikan ke distributornya,” kata Kasi Farmasi Makanan dan Minuman, Dinkes Kapuas Hulu, Kurnia Yuliawati, kepada Wartawan saat melakukan pengecekan di sejumlah minimarket di Putussibau, Kapuas Hulu, Kamis (29/3).

Dijelaskan Kurnia, pemeriksaan toko dan minimarket itu dilakukan dalam rangka Menindaklanjuti Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang telah mengeluarkan Publik Warning terkait temuan parasit cacing pada produk ikan makarel kaleng, tanggal 28 Maret 2018.

Menurut Kurnia, Dinas Kesehatan Kapuas Hulu sudah pernah mengeluarkan surat edaran publik warning terkait cacing dalam ikan kaleng kepada toko dan minimarket di Kapuas Hulu.

“Pada 23 Maret 2018, kami sudah mengeluarkan publik warning, baru kami melakukan pemeriksaan langsung kelapangan,” jelas Kurnia.

Disampaikan dia, untuk toko – toko yang kecil di area Putussibau, kata Kurnia hanya memberikan publik warning serta memberikan penjelasannya.

Bahkan, seluruh Puskesmas di wilayah Kapuas Hulu juga sudah diimbau untuk berkoordinasi dengan pihak terkait disekitar lingkungan kerja, untuk menindak lanjut publik warning.

Dengan surat edaran yang sudah disampaikan dan pemeriksaan yang dilakukan, jangan sampai ada lagi makanan kaleng yang mengandung cacing, kata Kurnia. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Politisi Kampungan

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.