Tim Gabungan Temukan Sarden Bercacing di Kapuas Hulu

0
41
Sarden mengandung cacing

PUTUSSIBAU, SERUJI.CO.ID – Tim gabungan Dinas Kesehatan dan Polres Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menemukan ada makanan kaleng jenis sarden yang diduga mengandung cacing dijual bebas di sejumlah mini market di Putussibau Ibu kota Kapuas Hulu.

“Saat kami lakukan pemeriksaan, ditemukan sarden ABC isi ikan makarel dalam saus cabai empat kaleng dan sudah disuruh kembalikan ke distributornya,” kata Kasi Farmasi Makanan dan Minuman, Dinkes Kapuas Hulu, Kurnia Yuliawati, kepada Wartawan saat melakukan pengecekan di sejumlah minimarket di Putussibau, Kapuas Hulu, Kamis (29/3).

Dijelaskan Kurnia, pemeriksaan toko dan minimarket itu dilakukan dalam rangka Menindaklanjuti Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang telah mengeluarkan Publik Warning terkait temuan parasit cacing pada produk ikan makarel kaleng, tanggal 28 Maret 2018.

Menurut Kurnia, Dinas Kesehatan Kapuas Hulu sudah pernah mengeluarkan surat edaran publik warning terkait cacing dalam ikan kaleng kepada toko dan minimarket di Kapuas Hulu.

“Pada 23 Maret 2018, kami sudah mengeluarkan publik warning, baru kami melakukan pemeriksaan langsung kelapangan,” jelas Kurnia.

Disampaikan dia, untuk toko – toko yang kecil di area Putussibau, kata Kurnia hanya memberikan publik warning serta memberikan penjelasannya.

Bahkan, seluruh Puskesmas di wilayah Kapuas Hulu juga sudah diimbau untuk berkoordinasi dengan pihak terkait disekitar lingkungan kerja, untuk menindak lanjut publik warning.

Dengan surat edaran yang sudah disampaikan dan pemeriksaan yang dilakukan, jangan sampai ada lagi makanan kaleng yang mengandung cacing, kata Kurnia. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polres Pelabuhan Sita Ribuan Botol Miras

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Pelabuhan, Sulawesi Selatan, menyita 5.267 botol minuman keras beralkohol berbagai merek saat melakukan razia di beberapa lokasi diskotek, pub,...

Setnov Bantah Keterangan Perawat dan Satpam RS

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) membantah sejumlah keterangan perawat dan anggota satpam RS Medika Permata Hijau yang mengatakan dirinya sadar...

Mourinho Bantah Telah Menjual Salah

LONDON, SERUJI.CO.ID - Mantan manajer Chelsea Jose Mourinho tidak terkejut dengan penampilan bagus penyerang Liverpool Mohamed Salah pada musim ini, dan mengatakan keputusan untuk...
Febri Diansyah

KPK Panggil Tiga Anggota DPRD Kota Mojokerto

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil tiga anggota DPRD Kota Mojokerto dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap pengalihan anggaran pada Dinas Pekerjaan...
yasonna laoly, menkumham

Terkait Isu TKA, Ini Komentar Menkumham

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna H Laoly menilai isu Tenaga Kerja Asing (TKA) terlalu dipolitisasi. "Jadi ini kan terlalu...