Tiga Desa Bermasalah di Ambon Terima Dana Desa

0
13
dana desa

AMBON, SERUJI.CO.ID – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Pelindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Rulien Purmiasa menyatakan, tiga desa bermasalah di Ambon menerima Dana Desa tahun 2018.

“Tiga desa di Ambon yakni Naku, Kilang dan Urimesing telah menerima kucuran dana desa tahap pertama tahun 2018. Walaupun tiga desa dalam proses audit oleh inspektorat, tetapi tetap menerima anggaran dana desa,” katanya di Ambon, Kamis (17/5).

Ia mengatakan, proses hukum tetap berjalan tetapi anggaran dari pemerintah tetap harus disalurkan.

Proses pencairan dana desa yang dilakukan pemerintah pusat dilakukan dalam dua tahap yakni 60 persen dan 40 persen.

“Syaratnya juga jelas jika desa yang akan menerima anggaran tahap dua maka persyaratan administrasi pada pencairan tahap pertama wajib dilengkapi dulu baru dilakukan pencairan tahap kedua,” ujarnya.

Rulien mengakui, pencairan dana desa tahap pertama tidak menggunakan laporan pertanggung jawaban (LPJ). LPJ disampaikan sesuai kondisi faktual desa atau negeri, karena itu proses hukum bukan alasan tidak menyerahkan LPJ.

“Proses pencairan anggaran dana desa dilakukan dalam dua tahap dimana tahap awal 60% dan tahap dua 40%. Kita berharap setelah menerima alokasi tahap satu segara membuat LPJ agar dapat menerima tahap kedua,” katanya.

Ambon lanjutnya, merupakan satu dari dua kota di Indonesia yang gagal menyerap anggaran dana desa tahun 2017 sebesar 40 persen dari pemerintah pusat.

Tahun 2017 anggaran dana desa dari pemerintah pusat tidak dapat diterima 100 persen karena ada sejumlah desa dan negeri di Ambon yang bermasalah dengan persyaratan administrasi.

Ditambahkannya, anggaran Dana Desa Kota Ambon tahun 2018 mengalami peningkatan sebesar Rp30 Miliar jumlah tersebut meningkat dari tahun 2017 sebesar Rp28,4 miliar.

“Kita berharap ada kerjasama yang baik dengan para aparatur desa dan negeri sehingga kesalahan di tahun 2017 tidak terulang, dan dipastikan 30 desa dan negeri di Ambon menerima dana desa,” tandasnya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

RUU Antiterorisme Atur Ancaman Teroris Libatkan Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang tentang perubahan UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Dave Laksono mengakui ada pasal...

Persebaya Alami Krisis Lini Belakang

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kesebelasan Persebaya Surabaya mengalami krisis lini belakang saat menghadapi pertandingan "Derby Suramadu" melawan Madura United dalam laga pekan ke-10 Liga 1...
jokowi, joko widodo

RUU Terorisme Disahkan, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

KUNINGAN, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi memberikan tanggapan terkait Peraturan Presiden (Perpres) setelah disahkannya Revisi Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang-Undang. "Perpres akan membahas teknis, hanya...

Pansus: Pemerintah Keluarkan PP Usai RUU Terorisme Disahkan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Panitia Khusus revisi UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Muhammad Syafi'i meminta pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah...

DPR Setujui RUU Terorisme Jadi UU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Paripurna DPR pada Jumat (25/5) pagi menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas UU nomor 15 tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah...