Tiga Desa Bermasalah di Ambon Terima Dana Desa


AMBON, SERUJI.CO.ID – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Pelindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Rulien Purmiasa menyatakan, tiga desa bermasalah di Ambon menerima Dana Desa tahun 2018.

“Tiga desa di Ambon yakni Naku, Kilang dan Urimesing telah menerima kucuran dana desa tahap pertama tahun 2018. Walaupun tiga desa dalam proses audit oleh inspektorat, tetapi tetap menerima anggaran dana desa,” katanya di Ambon, Kamis (17/5).

Ia mengatakan, proses hukum tetap berjalan tetapi anggaran dari pemerintah tetap harus disalurkan.

Proses pencairan dana desa yang dilakukan pemerintah pusat dilakukan dalam dua tahap yakni 60 persen dan 40 persen.

“Syaratnya juga jelas jika desa yang akan menerima anggaran tahap dua maka persyaratan administrasi pada pencairan tahap pertama wajib dilengkapi dulu baru dilakukan pencairan tahap kedua,” ujarnya.

Rulien mengakui, pencairan dana desa tahap pertama tidak menggunakan laporan pertanggung jawaban (LPJ). LPJ disampaikan sesuai kondisi faktual desa atau negeri, karena itu proses hukum bukan alasan tidak menyerahkan LPJ.

“Proses pencairan anggaran dana desa dilakukan dalam dua tahap dimana tahap awal 60% dan tahap dua 40%. Kita berharap setelah menerima alokasi tahap satu segara membuat LPJ agar dapat menerima tahap kedua,” katanya.

Ambon lanjutnya, merupakan satu dari dua kota di Indonesia yang gagal menyerap anggaran dana desa tahun 2017 sebesar 40 persen dari pemerintah pusat.

Tahun 2017 anggaran dana desa dari pemerintah pusat tidak dapat diterima 100 persen karena ada sejumlah desa dan negeri di Ambon yang bermasalah dengan persyaratan administrasi.

Ditambahkannya, anggaran Dana Desa Kota Ambon tahun 2018 mengalami peningkatan sebesar Rp30 Miliar jumlah tersebut meningkat dari tahun 2017 sebesar Rp28,4 miliar.

“Kita berharap ada kerjasama yang baik dengan para aparatur desa dan negeri sehingga kesalahan di tahun 2017 tidak terulang, dan dipastikan 30 desa dan negeri di Ambon menerima dana desa,” tandasnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close