Tidak Sesuai Perda, Minimarket di 4 Kecamatan Gianyar Lebihi Kuota

GIANYAR, SERUJI.CO.ID – Kehadiran minimarket atau toko modern di empat kecamatan Kabupaten Gianyar, Bali telah melebihi kuota yang telah ditetapkan dalam Perda (Peraturan Daerah), bahkan banyak minimarket yang tidak berizin atau tanpa memiliki izin operasi.

“Empat kecamatan yang telah memiliki minimarket di atas kuota ialah Kecamatan Sukawati, Blahbatuh, Gianyar, dan Ubud. Sementara tiga kecamatan lainnya seperti Payangan dan Tegalalang masih di bawah kuota, dan hanya Tampak Siring yang sesuai kuota,” kata Kadis Perindag Kabupaten Gianyar, I Wayan Suamba, Kamis (1/2).

Menurut Perda Gianyar, kuota minimarket di Kecamatan Sukawati itu 19 toko, kenyataannya telah memiliki 43 minimarket, 17 minimarket belum punya izin dan 26 berizin, kemudian kuota minimarket di Kecamatan Gianyar 15 toko, namun realisasinya beroperasi 22 toko modern, dimana 13 sudah mengantongi izin, dan sembilan belum mendapatkan izin.

Kemudian Kecamatan Ubud, kuota minimarketnya 12 toko tapi kini telah hadir 56 minimarket, dimana 44 toko sudah mengantongi izin, dan 12 belum ada izinnya. Kuota minimarket kecamatan Blahbatuh 11 toko, kenyataannya telah hadir 19 toko, dimana 13 minimarket sudah punya izin, sedangkan enam belum memiliki izin.

Sementara tiga kecamatan masih di bawah kuota, lanjut I Wayan Suamba, yakni Tegalalang dan Payangan. Kuota minimarket kecamatan Tegalalang delapan toko modern, namun kini hanya ada empat toko, dimana dua toko modern telah punya izin, sedangkan dua toko lainnya belum berizin.

“Kuota mini di Kecamatan Payangan adalah tujuh toko modern, tapi hingga kini masih tiga minimarket yang telah beroperasi dan ketiganya belum mengantongi izin,” kata Kadis Perindag Gianyar itu.

Terakhir Kecamatan Tampak Siring yang mendapatkan kuota tujuh minimarket, dan telah beroperasi tujuh minimarket, dimana dua minimarket telah memiliki izin, sementara lima minimarket belum punya izin.

Pemkab Gianyar mengatur kehadiran minimarket karena memang kebutuhan dan masyarakat mengenai pasar yang bersih, nyaman dan berkualitas serta mengikuti perkembangan masa kini. Namun kehadiran minimarket atau toko modern jangan sampai mematikan pasar rakyat atau pasar desa, dan toko kelontong milik rakyat kecil.

“Berdasarkan hasil kajian universitas Udayana (Unud) tahun 2013, idelanya setiap kabupaten memiliki 79 minimarket atau toko modern. Selain itu, DPRD Gianyar juga konsep dengan sepak terjang minimarket atau toko modern berjaringan yang dinilai telah makin merebak dan mengancam pasar rakyat dan usaha toko kelontong rakyat kecil, makanya kami keluarkan Perda yang mengatur kuota minimarket di tiap kecamatan,” kata I Wayan Suamba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Divestasi Freeport

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Terima Kasih Ahok!

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER