Stok Obat Tersedia Layani Pengungsi Korban Gempa Lembata

0
27
Gunung Ile Lewotolok
Gunung Ile Lewotolok. (Foto: PVMBG-BG-KESDM)

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur mengklaim stok obat-obatan tersedia untuk dimanfaatkan bagi pelayanan kesehatan warga korban gempa bumi di lokasi pengungsian.

“Untuk saat ini masih sangat tersedia dan bahkan kemarin pemerintah melalui dinas kesehatan sudah lakukan pemeriksaan kepada semua pengungsi yang mendiami lokasi pengungian di bekas Rumah Jabatan Bupati Lembata,” kata Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday dari Lewoleba ibu kota Kabupaten Lembata, Kamis (12/10).

Meskipun stok obat-obatan masih sangat tersedia, namun Pemerintah Kabupaten Lembata terus melakukan upaya menambah stok, untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan di waktu yang akan datang.

Pemerintah Kabupaten Lembata mengevakuasi sejumlah warga di beberapa lokasi di daerah itu yang telah terdampak reruntuhan material bebatuan dari Gunung Ile Lewotolok sebagai akibat guncangan gempa bawah laut yang terjadi hingga Rabu (11/10) kemarin.

Warga yang dievakuasi ada sebagian ditempatkan di Kantor Camat Ile Ape dan sebagian ditempatkan di bekas rumah jabatan Bupati Lembata di Lewoleba.

“Ada juga sebagiannya dijemput keluarga masing-masing dan tinggal di rumah keluarga yang aman,” katanya.

Yang saat ini mendiami lokasi pengungsian di Kantor Camat Ile Api sebanyak 224 orang dan yang berada di bekas Rumah Jabatan Bupati Lembata berjumlah 316 orang.

Bantuan darurat berupa makanan dan obat-obata terus dilakukan. Bahkan secara kelembagaan pemeriksaan kesehatan bagi para pengungsi juga telah dilakukan oleh petugas medis dan para dokter dari RSUD Lewoleba.

“Ya pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan Rabu kemarin untuk pengungsian di bekas Rumah Jabatan Bupati Lembata,” katanya.

Pemeriksaan berpola ‘screanning’ itu langsung dipimpin Direktur RSUD Lewoleba dengan para dokter dan paramedis lainnya bagi anak-anak dan orang dewasa.

1
2
BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Shah Porir Dwip, Tanah Harapan bagi Setengah Juta Jiwa Rohingya

SERUJI.CO.ID - Pernahkah terbayang adegan ini? Pada suatu malam buta, rumah gubuk yang kita tempati bersama orang tua dan adik-adik kita tiba-tiba digedor dengan...

Demo Istana, Ratusan Mahasiswa Tuntut Janji Kampanye Jokowi-JK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) sejak siang, Jumat (20/10) melakukan aksi unjuk rasa di...
taksi online

Peraturan Baru, Taksi Online Boleh Dimiliki Individu

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Revisi atas Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan nomor 26 tahun 2017 telah diselesaikan oleh Menteri Perhubungan. Perubahan yang mendasar dari revisi Permen...
Nyono Suharli

Besok, Golkar Keluarkan Rekomendasi Bacagub Jatim Untuk Khofifah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Surat rekomendasi untuk bacawagub Jatim Khofifah Indar Parawansa dari partai Golkar dipastikan akan turun besok, Sabtu (21/10). Rencananya rekomendasi tersebut akan...

Produk Kefir dari Fermentasi Susu Kambing Kian Diminati

SOLO, SERUJI.CO.ID - Produk berbahan baku kefir atau fermentasi susu kambing buatan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dari Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai...
Menteri Asman Abnur

Alasan Efisiensi, Pemerintah Bubarkan 8 Lembaga Non-Struktural

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur menyampaikan daftar delapan Lembaga Non-Struktural (LNS) yang akan dibubarkan atau dilebur...