Stok Obat Tersedia Layani Pengungsi Korban Gempa Lembata

0
69
Gunung Ile Lewotolok
Gunung Ile Lewotolok. (Foto: PVMBG-BG-KESDM)

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur mengklaim stok obat-obatan tersedia untuk dimanfaatkan bagi pelayanan kesehatan warga korban gempa bumi di lokasi pengungsian.

“Untuk saat ini masih sangat tersedia dan bahkan kemarin pemerintah melalui dinas kesehatan sudah lakukan pemeriksaan kepada semua pengungsi yang mendiami lokasi pengungian di bekas Rumah Jabatan Bupati Lembata,” kata Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday dari Lewoleba ibu kota Kabupaten Lembata, Kamis (12/10).

Meskipun stok obat-obatan masih sangat tersedia, namun Pemerintah Kabupaten Lembata terus melakukan upaya menambah stok, untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan di waktu yang akan datang.

Pemerintah Kabupaten Lembata mengevakuasi sejumlah warga di beberapa lokasi di daerah itu yang telah terdampak reruntuhan material bebatuan dari Gunung Ile Lewotolok sebagai akibat guncangan gempa bawah laut yang terjadi hingga Rabu (11/10) kemarin.

Warga yang dievakuasi ada sebagian ditempatkan di Kantor Camat Ile Ape dan sebagian ditempatkan di bekas rumah jabatan Bupati Lembata di Lewoleba.

“Ada juga sebagiannya dijemput keluarga masing-masing dan tinggal di rumah keluarga yang aman,” katanya.

Yang saat ini mendiami lokasi pengungsian di Kantor Camat Ile Api sebanyak 224 orang dan yang berada di bekas Rumah Jabatan Bupati Lembata berjumlah 316 orang.

Bantuan darurat berupa makanan dan obat-obata terus dilakukan. Bahkan secara kelembagaan pemeriksaan kesehatan bagi para pengungsi juga telah dilakukan oleh petugas medis dan para dokter dari RSUD Lewoleba.

“Ya pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan Rabu kemarin untuk pengungsian di bekas Rumah Jabatan Bupati Lembata,” katanya.

Pemeriksaan berpola ‘screanning’ itu langsung dipimpin Direktur RSUD Lewoleba dengan para dokter dan paramedis lainnya bagi anak-anak dan orang dewasa.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...
becak-becak

Yogyakarta Kaji Tiga Desain Becak Alternatif

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan kajian desain becak alternatif dengan menyiapkan tiga tipe becak yang terdiri dari dua becak ramah lingkungan dan satu...