Stok Beras di Maluku Aman Hingga Lebaran

0
25
beras
Gudang beras di Bulog. (foto:Istimewa)

AMBON, SERUJI.CO.ID – Stok beras milik Perum Bulog Divisi Regional Maluku cukup dan aman untuk memenuhi kebutuhan daerah tersebut menghadapi bulan puasa dan menjelang perayaan hari raya lebaran nanti.

“Stok beras cukup banyak sekarang ini, karena itu warga yang berdiam di Provinsi Maluku termasuk Provinsi Maluku Utara pada umumnya tidak perlu khawatir menghadapi pelaksanaan ibadah puasa hingga memasuki perayaan lebaran,” kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum Bulog Maluku Armin Bandjar di Ambon, Kamis (17/5).

Armin menjelaskan, dalam menghadapi bulan puasa dan lebaran Bulog juga sudah beberapa kali melaksanakan pertemuan dengan pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku maupun dengan pemerintah daerah kabupaten dan kota di Maluku untuk membicarakan ketersediaan stok maupun harga.

“Dalam pertemuan itu kami dari Bulog sudah melaporkan bahwa persediaan beras dan gula pasir sangat mencukupi permintaan,” ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, ada anjuran dari Kabulog Maluku dalam hal ini Kepala Devisi Reginal Perum Bulog Maluku Aris Mandu menganjurkan agar masyarakat tidak perlu membeli beras dalam jumlah yang banyak, sebab stok atau persediaan beras Bulog Maluku cukup banyak sekarang ini.

Armin mengatakan, stok beras yang terdapat di gudang Bulog Maluku sekarang ini sebanyak 7,314 ton beras bentuk PSO yakni untuk pelayanan operasi pasar, dan juga bantuan beras keluarga sejahtera yang tersebar di sejumlah gudang Bulog Maluku dan bisa mengisi permintaan masyarakat di daerah ini hingga empat bulan ke depan.

Di samping itu juga ada beras prermium untuk kegiatan-kegiatan komersil sebanyak 367 ton yang terdapat di gudang Kota Ambon sebanyak 267 ton dan di gudang Tual 100 ton.

Dia merinci beras PSO saat ini yakni di gudang Bulog I Kota Ambon yang membawahi gudang di Desa Halong, Gudang Air Salobar, gudang Desa Tulehu dan gudang di Mako Namlea (Kabupaten Buru) sebanyak 5,131 ton, sedangkan gudang Kota Tual membawahi gudang Desa Tual I dan II dan Gudang Desa Sifnana sebanyak 2.183 ton.

“Jadi warga di daerah ini tidak perlu takut, stok beras yang ada Perum Bulog Maluku cukup banyak, apalagi sekarang ini umat muslim menghadapi bulan puasa,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ada juga beras komersial (20 persen) yang terdapat di gudang Bulog I Kota Ambon sebanyak 267 ton dan di Kota Tual sebanyak 100 ton yang selalu siap mendukung kegiatan operasi pasar cadangan beras pemerintah (CBP) Bulog Maluku yang hingga kini masih terus berjalan hingga tanggal 31 Desember 2018. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...