Stok Beras di Maluku Aman Hingga Lebaran

0
10
beras
Gudang beras di Bulog. (foto:Istimewa)

AMBON, SERUJI.CO.ID – Stok beras milik Perum Bulog Divisi Regional Maluku cukup dan aman untuk memenuhi kebutuhan daerah tersebut menghadapi bulan puasa dan menjelang perayaan hari raya lebaran nanti.

“Stok beras cukup banyak sekarang ini, karena itu warga yang berdiam di Provinsi Maluku termasuk Provinsi Maluku Utara pada umumnya tidak perlu khawatir menghadapi pelaksanaan ibadah puasa hingga memasuki perayaan lebaran,” kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum Bulog Maluku Armin Bandjar di Ambon, Kamis (17/5).

Armin menjelaskan, dalam menghadapi bulan puasa dan lebaran Bulog juga sudah beberapa kali melaksanakan pertemuan dengan pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku maupun dengan pemerintah daerah kabupaten dan kota di Maluku untuk membicarakan ketersediaan stok maupun harga.

“Dalam pertemuan itu kami dari Bulog sudah melaporkan bahwa persediaan beras dan gula pasir sangat mencukupi permintaan,” ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, ada anjuran dari Kabulog Maluku dalam hal ini Kepala Devisi Reginal Perum Bulog Maluku Aris Mandu menganjurkan agar masyarakat tidak perlu membeli beras dalam jumlah yang banyak, sebab stok atau persediaan beras Bulog Maluku cukup banyak sekarang ini.

Armin mengatakan, stok beras yang terdapat di gudang Bulog Maluku sekarang ini sebanyak 7,314 ton beras bentuk PSO yakni untuk pelayanan operasi pasar, dan juga bantuan beras keluarga sejahtera yang tersebar di sejumlah gudang Bulog Maluku dan bisa mengisi permintaan masyarakat di daerah ini hingga empat bulan ke depan.

Di samping itu juga ada beras prermium untuk kegiatan-kegiatan komersil sebanyak 367 ton yang terdapat di gudang Kota Ambon sebanyak 267 ton dan di gudang Tual 100 ton.

Dia merinci beras PSO saat ini yakni di gudang Bulog I Kota Ambon yang membawahi gudang di Desa Halong, Gudang Air Salobar, gudang Desa Tulehu dan gudang di Mako Namlea (Kabupaten Buru) sebanyak 5,131 ton, sedangkan gudang Kota Tual membawahi gudang Desa Tual I dan II dan Gudang Desa Sifnana sebanyak 2.183 ton.

“Jadi warga di daerah ini tidak perlu takut, stok beras yang ada Perum Bulog Maluku cukup banyak, apalagi sekarang ini umat muslim menghadapi bulan puasa,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ada juga beras komersial (20 persen) yang terdapat di gudang Bulog I Kota Ambon sebanyak 267 ton dan di Kota Tual sebanyak 100 ton yang selalu siap mendukung kegiatan operasi pasar cadangan beras pemerintah (CBP) Bulog Maluku yang hingga kini masih terus berjalan hingga tanggal 31 Desember 2018. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Bencana Tanah Longsor di China, 5 Tewas

BEIJING, SERUJI.CO.ID - Bencana tanah longsor di Kota Chongqing, China, Ahad (20/5), merenggut lima nyawa warga dan melukai seorang. Pemerintah Kota Chongqing mengatakan bahwa lima korban...
tewas

Seorang Warga Aceh Tewas Tertimpa Pohon

LHOKSEUMAWE, SERUJI.CO.ID - Seorang warga di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, diketahui tewas dalam kondisi tertindih reruntuhan bangunan dapur yang ringsek tertimpa pohon yang...
bus

Dishub Bantul Siapkan Ratusan Armada Angkutan Mudik

BANTUL, SERUJI.CO.ID - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 210 armada untuk angkutan pemudik atau warga yang pulang kampung ke daerah itu...

Letusan Freatik Merapi, Desa Kaliurang Alami Hujan Abu

MAGELANG, SERUJI.CO.ID - Kawasan Desa Kaliurang, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terjadi hujan abu setelah letusan freatik kecil atau embusan dari Gunung Merapi pada...

Barca Menang Atas Sociedad pada Pertandingan Perpisahan Iniesta

BARCELONA, SERUJI.CO.ID - Tim juara Liga Spanyol Barcelona mengakhiri musim dengan kemenangan 1-0 atas tamunya Real Sociedad pada Ahad (20/5), berkat gol sensasional dari...