Seribu Warga Putus Sekolah di Papua Siap Ikuti Ujian Kesetaraan

0
29

WAMENA, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 1.065 warga putus sekolah pada berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, siap mengikuti ujian kesetaraan paket A, B, dan C pada 2018.

“Peserta paket A sebanyak 235 orang, paket B 415 orang dan paket C sebanyak 415,” kata Ketua Panitia Ujian Nasional Kabupaten Jayawijaya Hasuka Hisage di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu (4/4).

Peserta ujian kesetaraan dijadwalkan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada 16 hingga 20 April dan dilanjutkan dengan Ujian Nasional (UN) pada 23 April mendatang.

“Soal ujiannya sama dengan sekolah formal, tetapi kalau untuk USBN itu yang susun adalah Dinas Pendidikan Provinsi Papua. Tetapi beberapa matapelajaran khusus seperti muatan lokal, prakarya dan lain-lain itu disusun oleh pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) sendiri,” katanya.

Sebenarnya, kata dia, ada 40 PKBM di Jayawijaya namun hanya 22 PKBM yang mengusulkan daftar untuk dimasukan dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sehingga pesertanya terdaftar sebagai peserta ujian 2018.

“22 PKBM ini tersebar di beberapa distrik yang ada di Jayawijaya. Kami sudah pantau dan peserta ujian nanti adalah warga belajar yang ada di PKBM masing-masing,” katanya.

Menurut dia, peserta ujian paket di Jayawijaya sudah terdaftar di Dapodik sehingga bisa diakomodasi untuk lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi apabila lulus ujian.

“Kami punya harapan peserta PKBM yang (pernah) putus sekolah ini bisa masuk ke jenjang yang lain karena sekarang sekolah formal dengan sekolah paket sudah setara. Jadi kalau sudah ada paket B, dia bisa masuk SMA, kalau selesai paket C bisa masuk ke perguruan tinggi,” katanya.

Menurut dia, panitia pelaksanaan ujian telah membagi beberapa titik pelaksanaan ujian bagi peserta paket agar mudah diawasi dan seluruh peserta yang terdata bisa terakomodasi. (Ant/SU02)

loading...
BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...