Ratusan Warga Manado Terinfeksi HIV/Aids

MANADO – Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Manado melaporkan hingga Juni 2017 tercatat ribuan warga Manado telah terinfeksi virus HIV/AIDS.

Pengelola Program KPA Manado Sonny Aldrin Winda di Manado, Kamis (27/7) memaparkan penderita HIV/AIDS tersebut berjumlah 856 orang, laki-laki dan perempuan dengan usia produktif.

“Berdasarkan data yang ada, jumlah kategori HIV positif sebanyak 264 orang dan yang sudah AIDS adalah sebanyak 592 orang,” kata Sonny.

Menurutnya orang dengan HIV/AIDS yang baru ditemukan tersebut rata-rata adalah yang sudah AIDS, itu artinya yang ditemukan itu sudah lama terinveksi HIV, sehingga bisa dikatakan langkah-langkah pencegahan oleh KPA beberapa tahun terakhir efektif.

“Karena jika yang ditemukan masih HIV, berarti baru dan itu menandakan sosialiasi untuk mencegah penularan kurang efektif, tetapi karena temuannya sudah AIDS, maka berarti penularan kurang,” ujarnya.

Sonny menuturkan, untuk mencegah penularan HIV/AIDS ini, maka pihaknya melakukan sosialisasi dengan maksimal, terutama di tempat-tempat yang rawan penularan, seperti tempat hiburan malam, sampai tukang ojek. Termasuk edukasi mengenai pentingnya mencegah HIV/AIDS juga dilakukan sampai ke pelabuhan, untuk menyadarkan siapa saja, akan pentingnya mencegah penularan virus mematikan tersebut.

“Kami pun mengingatkan akan pentingnya pasangan saling setia, sehingga tidak membawa dan menularkan penyakit kepada pasangan, yang juga akan bisa membuat anak-anak menjadi korban,” tandas Sonny. (HA)

Sumber:Antara

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER