Realisasi Operasi Pasar Beras Bulog di Kalbar Capai 3.900 Ton

0
20
beras
Gudang beras di Bulog. (foto:Istimewa)

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Bulog Divisi Regional Kalbar melaksanakan Operasi Pasar (OP) khususnya beras yang dilaksanakan sejak Oktober 2017-Maret 2018 mencapai 3.900 ton.

“Kami bersyukur realisasi yang ditargetkan pemerintah harus selesai Maret 2018 ini dari Oktober tahun lalu bisa tercapai dengan baik yakni mencapai 94 persen dari target 3.900 ton beras,” ujar Kepala Bulog Divisi Regional Kalbar, Sabaruddin Amrullah di Pontianak, Jumat (30/3).

Sabaruddin menjelaskan dari 14 kabupaten dan kota, jumlah beras yang terserap paling dominan dalam OP yakni di Kota Pontianak.

“Kota Pontianak menjadi pusat perdagangan di Kalbar dan Pontianak memiliki beberapa pasar induk. Hal itu mendorong penyerapan beras kita lebih besar,” papar dia.

Menurutnya sebagaimana tugas Bulog dan dampak OP di lapangan, selain stok tersedia dengan baik harga juga stabil di tengah masyarakat di Kalbar.

“Gejolak harga karena stok dan permintaan yang tinggi bisa kita kendalikan melalui OP yang dilakukan di titik – titik yang telah ditentukan,” jelasnya.

Menurutnya melalui OP, pihaknya dalam menjual beras tersebut di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET). Dengan begitu membuat masyarakat terbantu. Apalagi beras yang dijual kualitasnya sangat baik.

“Untuk beras kita jual di bawah HET Kalbar yakni lebih murah Rp200 dibandingkan HET yang telah ditentukan. Kita akan terus memaksimalakan fungsi kita dan terus meningkatkan layanan kepada masyarakat,” jelas dia.

Terkait persiapan menghadapi bulan puasa dan lebaran idulfitri dalam beberapa bulan mendatang, pihaknya juga sudah mulai melakukan koordinasi untuk persiapan OP terhadap komoditas startegis seperti beras, gula, minyak goreng dan daging beku.

“Kita akan tetap menggelar OP saat puasa dan menghadapi lebaran nanti. Kita akan berkoordinasi dengan berbagai pihak,” jelas dia. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
KPU

KPU Banjarmasin Akan Gelar Pentas Budaya

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin akan menggelar pentas budaya di Siring Sungai Martapura di Jalan RE Martadinata atau depan Balaikota, Sabtu...

Muspida Cianjur Berkomitmen Berantas Miras

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Muspida dan MUI Cianjur, Jawa Barat, berkomitmen untuk memberantas miras dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya. Bahkan kegiatan...

Operasi Gempur Temukan 45.020 Batang Rokok Ilegal

TUAL, SERUJI.CO.ID - Operasi Gempur yang dilancarkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Dobo, ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru...

Polsek Ubud Tangkap Warga Australia Aniaya Pacar

UBUD, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Sektor Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, menangkap warga negara Australia berinisial AH yang diduga telah melakukan penganiayaan terhadap kekasihnya Agniezka Krzystofowicz...

Bom Perang Dunia Kedua Ditemukan Dekat KBRI Berlin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kedutaan Besar RI di Berlin sementara tidak buka pada Jumat (20/4) karena otoritas setempat akan mengevakuasi bom sisa Perang Dunia II...