Rawan Tak Nyoblos Pilkada, Pembuatan KTP-el di Jayawijaya Butuh Tiga Tahun

0
48

WAMENA, SERUJI.CO.ID – Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua memakan waktu dua hingga tiga tahun, demikian keluhan kepala distrik yang diterima komisi pemilihan umum (KPU) setempat.

Ketua KPU Jayawijaya Adi Wetipo di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa (13/2), mengatakan dari pertemuan bersama kepala-kepala distrik, mereka menyampaikan bahwa akibat perekaman dilakukan terpusat di dinas kependudukan dan pencatatan sipil, sehingga terjadi penumpukan data warga yang hendak membuat identitas diri.

“Harapan kami mungkin bisa dikembalikan perekaman kepada distrik seperti waktu lalu. Itu jauh lebih bagus daripada sekarang kita tumpuk di satu tempat yang akibatnya dua sampai tiga tahun juga KTP-nya belum ada. Ini keluhan dari kepala-kepala distrik kemarin,” katanya.

KPU mengharapkan pemerintah melihat hal itu sebab jika pencetakan KTP-el yang memakan waktu bertahun-tahun ini masih berlangsung hingga pemilihan kepala daerah Jayawijaya tanggal 27 Juni maka banyak warga tidak memiliki KTP-el.

“Bagaimana warga yang punya hak memilih mau ikut memilih kalau KTP-nya tidak ada,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh KPU dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jayawijaya, persoalan lambatnya perekaman dan pencetakan itu karena minimnya staf dan beberapa alat yang digunakan sudah rusak.

“Kami juga dorong kepada DPRD karena yang punya kepentingan langsung inikan teman-teman di DPRD. DPRD itu ada karena suara rakyat, tetapi juga mereka itu adalah orang-orang partai yang duduk di legislatif,” katanya.

Banyaknya warga yang belum memiliki KTP-el, menurut dia, juga berdampak terhadap pemulu legislatif yang akan dilakukan pada tahun 2019 mendatang. (Ant/SU02)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama