Ratusan Anak SD di Palu Keracunan

PALU, SERUJI.CO.ID –  Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu Al-Fahmi di Kota Palu, mengalami keracunan makanan setelah menyantap makan siang yang disediakan pihak sekolah, Senin (4/12).

Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palu, Safriansyah mengatakan saat ini pihaknya sedang menunggu sampel penyebab atas dugaan keracunan makanan tersebut.

“Sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), yang mengambil sampel adalah Puskesmas yang terdekat dengan lokasi kejadian,” kata Safriansyah dihubungi dari Palu, Senin (4/12).

Dia menjelaskan, sampel penyebab keracunan itu, jika dalam bentuk makanan atau minuman yang belum dikonsumsi, akan dibawa ke Balai POM untuk dilakukan pengujian. Sementara jika sampel dalam bentuk muntahan dari anak-anak yang keracunan, itu menjadi tugas laboratorium kesehatan yang akan mengujinya.

“Dibutuhkan waktu 1-2 minggu, untuk mengetahui penyebab kasus itu, apakah disebabkan cemaran mikroba atau ada penyebab lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, sampel yang dibawa, harus disertai dengan keterangan yang jelas, terkait riwayat kejadian, berapa jam mengalami muntah-muntah setelah mengonsumsi makanan atau minuman, yang bisa menjadi dasar untuk melakukan proses pengujian.

Belum ada keterangan resmi dari instansi terkait, dugaan sementara anak sekolah tersebut menyantap nasi goreng yang disediakan katering sekolah. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Implikasi Hukum Kebohongan Publik dari Pejabat Negara

JADI DARI KEDUA LANDASAN HUKUM ISLAM TERSEBUT JELAS BERBOHONG ATAU BERDUSTA ADALAH PERBUATAN YANG DILARANG DAN HARAM HUKUMNYA.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.