Puskesmas Timika Waspada Peningkatan Kasus Kusta

TIMIKA, SERUJI.CO.ID – Jajaran Puskesmas Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua kini mewaspadai semakin meningkatnya jumlah penderita kusta di wilayah itu dalam dua tahun terakhir.

Kepala Puskesmas Timika Maria Yosinta Rahangiar di Timika, Senin (29/1), mengatakan pada 2017 ditemukan sebanyak 27 kasus baru kusta di Puskemas Timika. Sedangkan pada 2016, ditemukan lebih dari 60 kasus kusta di wilayah itu.

“Kusta sebetulnya penyakit lama yang sudah langka tapi sekarang muncul kembali. Sama seperti kasus frambusia, filariasis (kaki gajah), kusta sekarang sudah mulai banyak di Timika sehingga perlu diwaspadai penularannya,” kata Maria.

Menurut dia, kasus kusta di wilayah Puskesmas Timika terbanyak ditemukan di wilayah Kelurahan Koperapoka, terutama di kawasan Gorong-gorong.

“Tidak semuanya yang terkena itu masyarakat asli dari wilayah pesisir, karena juga ada warga pendatang non Papua. Petugas kami sering menemukan mereka, hanya saja mereka tidak mau datang berobat ke Puskesmas,” ujar Maria.

Ia mengatakan temuan kasus kusta baru pada 2017 berdasarkan jumlah pasien yang datang memeriksakan diri di Puskesmas Timika. Sebagian lagi ditemukan oleh petugas saat melakukan kunjungan ke rumah-rumah pasien.

“Ada yang datang sendiri berobat ke Puskesmas, tapi petugas kami juga turun ke lapangan untuk menjemput bola,” ujarnya.

Satu-satunya cara mengatasi penularan kasus kusta yaitu orang yang tertular harus mendapat pengobatan hingga tuntas.

Jika salah satu anggota keluarga positif tertular kusta maka anggota keluarga yang lain juga harus dilakukan pemeriksaan karena mereka juga potensial tertular.

“Penderita kusta harus meminum obat secara teratur sampai sembuh,” kata Maria.

Selain di wilayah Puskesmas Timika, kasus kusta di Mimika juga ditemukan di wilayah Puskesmas Wania dan di sejumlah kampung di wilayah pesisir barat Mimika.

Di Papua, temuan kasus kusta terbanyak terdapat di Distrik Mumugu, Kabupaten Asmat. Di Mumugu, pemerintah telah membangun sebuah pusat rehabilitasi kusta untuk merawat para pasien kusta hingga sembuh. Pusat rehabilitasi kusta di Mumugu, Asmat itu bekerja sama dengan Keuskupan Agats Asmat yang dikelola oleh para suster dari biara Putri Reinha Rosari. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.